Akselerasi Infrastruktur

Sabtu, 04 Juli 2015 - 11:33 WIB
Akselerasi Infrastruktur
Akselerasi Infrastruktur
A A A
Izzudin Al Farras Adha
Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi

Dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), pembangunan infrastruktur transportasi merupakan salah satu pembangunan yang sangat vital perannya dalam menentukan pembangunan proyekproyek di sekitarnya.

Hal ini disebabkan industri lainnya baru akan bergerak maju untuk berproduksi apabila infrastruktur transportasi yang menunjang aktivitas industrinya sudah memadai sehingga dapat kita simpulkan bahwa dengan membangun infrastruktur transportasi yang baik maka ekonomi daerah tersebut akan mendapatkan multiplier effect positif yang sangat besar dalam rangka meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Banyak hal yang didapat oleh masyarakat ketika pemerintah membangun infrastruktur transportasi yang bagus. Masyarakat sekitar akan mendapatkan akses lebih mudah untuk melakukan aktivitas ekonomi dari suatu daerah ke daerah lainnya. Kegiatan ekonomi masyarakat yang semakin intens menandakan semakin baik pula kemakmuran yang dimiliki olehnya.

Pembangunan infrastruktur transportasi yang baik juga akan menaikkan tingkat konektivitas wilayah antara suatu daerah dengan daerah lainnya. Hal ini dapat berdampak positif bagi masyarakat sekitarnya di mana mereka akan semakin terbuka dengan akses teknologi, informasi, dan komunikasi. Tentu ini pula yang dapat menjadikan peningkatan penyerapan tenaga kerja dan arus investasi di daerah tersebut.

Kebanyakan orang yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan dapat menjadi memiliki pekerjaan dengan, misalnya, mengerjakan proyek pembangunan infrastruktur tersebut. Selain itu dengan semakin baiknya konektivitas wilayah, investor memandang bahwa biaya logistik pada daerah tersebut dapat relatif murah.

Berbagai pembangunan, termasuk infrastruktur transportasi, yang kini sedang dikerjakan kabinet kerja harus mempertimbangkan berbagai aspek sebelum pada akhirnya mengeksekusi proyek-proyek tersebut. Jangan sampai pembangunan yang dilakukan justru dapat membuat dampak negatif seperti ketimpangan infrastruktur yang semakin melebar antar wilayahnya.

Terakhir, berbagai proyek pembangunan infrastruktur yang kini tengah Jokowi lakukan harus dapat diakselerasi agar makin banyak masyarakat yang mendapatkan dampak positif yang terdapat di dalamnya.
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5051 seconds (0.1#10.140)