Inspirasi Satu Dekade

Selasa, 30 Juni 2015 - 08:07 WIB
Inspirasi Satu Dekade
Inspirasi Satu Dekade
A A A
Tanggal 30 Juni 2015 adalah momentum paling istimewa bagi keluarga besar KORAN SINDO. Media cetak nasional yang telah melayani pembaca sejak 2005 ini genap berusia 10 tahun.

Usia yang menurut banyak orang masih terbilang muda, apalagi untuk koran. KORAN SINDO sejak awal diterbitkan menggunakan pendekatan yang berbeda, yaitu lebih banyak memberikan porsi konten dalam bentuk visual berupa foto, infografis maupun karikatur daripada porsi konten tulisan atau teks. Untuk edisi ulang tahun ke-10 ini, redaksi KORAN SINDO telah menyiapkan liputan-liputan istimewa bagi pembaca setianya.

Dengan mengusung tema “Inspirasi Tanpa Batas”, KORAN SINDO mengajak para pembaca khususnya dan khalayak umum untuk berpikir dan bertindak dalam perspektif yang lebih luas, tidak terkotak-kotak dan terjebak dalambatasanyangmenjadikontraproduktif dalam memajukan bangsa di berbagai bidang kehidupan. Tanpa batas di sini berarti gagasan dan tindakan brilian kebanyakandatangdari ruangdanwaktu yang tidak terbatas.

Misalnya ada tokoh sukses yang mempunyai gagasan hebat dan pikiran besar. Tapi gagasan hebat itu justru datang dari keterbatasan yang dia miliki. Berarti sebenarnya tidak ada batas dalam mencari inspirasi maupun ide-ide cemerlang Cikal bakal KORAN SINDO salah satunya lahir dari gagasan yang tanpa batas itu. Koran yang saat terbit perdana bernama SEPUTAR INDONESIA ini sejak awal berkomitmen menyuguhkan informasi dengan cara berbeda.

Berita-berita dan informasi penting yang biasanya ditulis dalam bentukrangkaian kalimat-kalimat panjangdisederhanakan dengan bahasa yang ringkas, padat, dan mudah dicerna, kemudian dipadukan dengan aksen-aksen visual yang menarik sehingga merangsang orang untuk terus membaca berita hingga titik akhir.

Kita sadar budaya baca di masyarakat kita masih kurang gereget, kalah jauh dengan budaya tonton. Karena itu, pengelola surat kabar harus terus-menerus berpikir keras untuk menemukan formula-formula baru agar masyarakat semakin senang membaca. Apa yang dilakukan KORAN SINDO selama 10 tahun terakhir memang masih jauh dari sempurna.

Namun kita yakin, berkat dukungan, kritik, dan saran dari sidang pembaca, koran ini tiada henti memperbaiki diri untuk terus berada di tengah-tengah serta menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Karena itu, kita masih optimistis, koran akan tetap menjadi referensi paling dipercaya di tengah gencarnya penetrasi media berbasis internet yang bagi sebagian kalangan diyakini akan menggantikan peran koran dan media cetak lainnya.

Bagi kita, koran dan media berbasis internet bukanlah dua hal yang saling meniadakan. Tapi justru dua hal yang harus saling melengkapi dari sisi platform penyedia informasi yang berkualitas dan bermutu yang diperlukan pembaca. Perjalanan satu dekade KORAN SINDO juga penuh warna. Mulaiterbitedisinasional dengan tiga section utama News, Hattrick dan Lifestyle.

Kenapa demikian? Karena pengambil keputusan dalam keluarga itu tidak hanya ayah yang membaca News, tapi juga anak yang gemar membaca Hattrick dan ibu yang selalu membaca berita-berita Lifestyle.

Pendekatan itu ternyata diterima dengan baik oleh pembaca sehingga dalam waktu cepat koran ini berkembang ke daerah yang hingga 2015 telah mencapai sembilan edisi daerah, yaitu KORAN SINDO JABAR, KORAN SINDO JATENG, KORAN SINDO DIY, KORANSINDOJATIM, KORAN SINDOMEDAN, KORANSINDO PALEMBANG, KORAN SINDO BATAM, KORAN SINDO MAKASSAR danKORANSINDO MANADO.

KORAN SINDO Nasional juga sudah berkembang menjadi banyak section menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca yang juga berkembang pesat. Untuk memperkuat sinergi dengan media online, KORAN SINDO juga melahirkan portal berita SINDONEWS.com yang hingga saat ini telah menjadi salah satu portal berita favorit pengguna internet.

Ini sekaligus membuktikan bahwa media cetak dan media online adalah dua platform yang saling membutuhkan dan melengkapi. Bagi generasi yang lebih akrab dengan teknologi, KORAN SINDO juga hadir dalam bentuk digital yang tampilannya user friendly. Berbagai platform yang dikembangkan KORAN SINDO ini menunjukkan bahwa mengakses informasi yang bermutu dan berkualitas bisa dilakukan dengan cara apa saja. Baik melalui koran cetak, koran digital maupun portal berita.

Semua itu dikembangkan dan disuguhkan dengan tujuan yang sama, yaitu memberi inspirasi tanpa membatasi. Inspirasi yang terus dikumandangkan KORAN SINDO diharapkan bisa memberi gairah bagi pembaca dan para pengambil keputusan untuk tetap optimistis menghadapi berbagai situasi ekonomi yang kurang baik akhir-akhir ini.

Karena itu kebijakan redaksi KORAN SINDO kerap keluar dari mainstream yang pada akhirnya mampu membuktikan bahwa sikap tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Semua kembali kepada pembaca karena di tangan merekalah perjalanan koran ini akan menuju.

Pung Purwanto
Pemimpin Redaksi KORAN SINDO
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6383 seconds (0.1#10.140)