Menikmati Jazz sambil Beramal

Sabtu, 27 Juni 2015 - 10:18 WIB
Menikmati Jazz sambil Beramal
Menikmati Jazz sambil Beramal
A A A
JAKARTA - Ramadhan Jazz Festival (RJF) kembali hadir untuk memuaskan hasrat penikmat musik jazz di Jakarta. Digelar dua hari berturut-turut sejak tadi malam, RJF menampilkan line-up artis yang cukup beragam, mulai dari musisi jazz hingga pop jazz.

Abenk Alteer, Abdul & The Coffee Theory, Raisa, Kunto Aji, Sore, Emerald, White Shoes & The Couples Company adalah deretan musisi yang tampil pada hari pertama. Digelar di Plaza Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, acara RJF yang dimulai seusai salat tarawih ini dipenuhi para remaja hingga orang tua. Penampilan tadi malam dibuka dengan Abenk Alter, penyanyi solo, dengan membawakan lagu Happy milik Pharrel William.

Tampil hanya ditemani satu gitaris dan satu basis, aksi Abenk Alter masih kurang menghentak karena tidak ada drummer yang mengiringi mereka. Meskipun demikian, penampilannya sudah cukup menghibur penonton. Setelah tampil dengan membawakan 5 lagu, giliran Abdul& The Coffee Theory naik ke panggung. Langsung menghentak dengan formasi lengkap, Abdul membawakan lagu-lagu ciptaannya dan tidak lupa hits miliknya, yaitu Aku Suka Caramu.

Dalam kesempatan tersebut mereka juga membawakan lagu Gigi yang berjudul Akhirnya dengan versi mereka. Selesai memanaskan penonton, giliran Raisa tampil ke atas panggung. Gemuruh penonton menggema di Plaza Masjid Cut Meutia ketika penyanyi pop- R&B perempuan tersebut ke panggung.

Could It Be, Apalah (Arti Menunggu), Cinta Sempurna, dan beberapa hits lainnya dibawakan Raisa dengan sempurna. Ditutup dengan lagu Could It Be , Raisa membuktikan bahwa dirinya telah memiliki cukup banyak fans. Tidak mau kalah, Kunto Aji, Sore, Emerald, White Shoes & TheCouplesCompany, melanjutkan kemeriahan pesta tadi malam. Para penonton tetap setia menonton meskipun acara tersebut baru seusai pada jam 02.00 WIB dini hari atau jelang sahur.

RJF kali ini tidak sekadar mengadakan konser. Penonton diajak berdonasi kepada Dompet Dhuafa atau menyumbangkan buku sebagai tiket masuk. Donasi yang terkumpul tadi akan digunakan untuk program Love Water , yakni program membantu distribusi air bersih ke daerah Papela, Nusa Tenggara Timur, yang memang kekurangan air bersih.

”Strategi dakwah kami dengan cara bermusik, dari situ kami selipkan nilai-nilai dakwah di setiap acara yang kami buat,” ujar Ketua Remaja Islam Mesjid Cut Mutia (RICMA) Muhammad Sukarno-Hatta. RJF dengan menggandeng Dompet Dhuafa tahun ini adalah gelaran kedua kalinya. Tahun lalu, RJF berhasil menghimpun donasi sebesar Rp42 juta untuk program pendidikan.

Tahun ini, untuk program Love Water , panitia menargetkan bisa mengumpulkan donasi hingga Rp100 juta. Untuk penampilan bandband malam ini, RJF akan dimeriahkan antara lain penampilan Sumringah, Rio Moreo, Lantun Orchestra, Beben Jazz & Friends, Yura Yunita, Inna Kamarie, Rieka Roslan. AdapunMaliq& D’Essentials sebagai headline malam ini.

Fatturachman hakim
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4070 seconds (0.1#10.140)