BIN Ingin RI-Malaysia Selesaikan Masalah Ambalat

Rabu, 17 Juni 2015 - 21:02 WIB
BIN Ingin RI-Malaysia Selesaikan Masalah Ambalat
BIN Ingin RI-Malaysia Selesaikan Masalah Ambalat
A A A
JAKARTA - Wilayah perbatasan di Ambalat, Kalimantan Utara kerap menjadi pemicu bersitegangnya antara Malaysia dan Indonesia.

Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Marciano Norman mengatakan, pihak keamanan kedua negara harus selalu berkoordinasi untuk pengelolaan yang terbaik.

Menurutnya, jika selalu bersitegang maka kedua negara akan rugi. Dia meminta supaya tidak ada kegiatan yang dinilai memprovokasi.

"Saya rasa kedua panglima angkatan berenjata sudah berkoordinasi untuk pengelolaan Ambalat yang terbaik, saya rasa benar apabila dua duanya tidak terlalu provokatif mengeluarkan unjuk kekuatan di daerah itu, karena itu merugikan kedua negara," kata Marciano di Istana, Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Dia berharap pengelolaan Ambalat secara proporsional dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) harus melakukan diplomasi. Menurutnya, kedua negara harus mencari solusi yang terbaik selesaikan persoalan.

"Ingat kita sama-sama negara ASEAN, kita negara bertetangga, negara tetangga itu masalahnya banyak, potensi konflik banyak," ucapnya.

"Kalau tidak dikelola dengan baik kita bisa ribut terus. Tetapi kedaulatan itu hal yang tidak bisa ditawar. Jadi itu harus jadi prinsip bagi keduanya, kedaulatan negara tidak bisa ditawar-tawar, mari kita sama-sama menghormati," imbuhnya.

Marciano mengaku selalu memberikan informasi yang berkembang terkait Ambalat kepada TNI. "Kita tentu mendorong intelijen TNI untuk mengelola itu, lalu informasi kita dapat kita berikan ke Kemenham dan Panglima TNI," tegasnya.

Pilihan:

Panglima TNI Akui Pesawat Malaysia Kerap Langgar Batas RI

Konflik Belum Tuntas, Menkumham Minta Golkar Segera Islah
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4158 seconds (0.1#10.140)