Waktu Tempuh Jakarta- Cirebon Lebih Cepat

Minggu, 14 Juni 2015 - 09:31 WIB
Waktu Tempuh Jakarta- Cirebon Lebih Cepat
Waktu Tempuh Jakarta- Cirebon Lebih Cepat
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalan tol Cikopo– Palimanan (Cipali) kemarin. Jalan tol sepanjang 116,75 km ini memangkas waktu tempuh Jakarta–Cirebon menjadi hanya 3 jam dari sebelumnya sekitar 4–5 jam.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi kinerja lembaga dari instansi pemerintah dan swasta yang terlibat dalam pembangunan tol Cipali. Proyek tol terpanjang di Indonesia ini telah selesai lebih awal dari yang ditargetkan, yakni pada 15 Juni. Tol ini sudah bisa dioperasikan sebelum bulan Ramadan.

”Saya minta sebelum arus mudik tol ini sudah selesai. Tapi ternyata selesai lebih cepat. Itu artinya tol ini bisa dimanfaatkan untuk arus mudik Lebaran tahun ini,” kata Jokowi dalam sambutannya. Pada kesempatan yang sama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, jalan tol Cikopo-Palimanan dibangun melintasi lima kabupaten di Jawa Barat, yakni Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon.

Keberadaan tol ini akan mengurangi jarak tempuh jalur pantura sepanjang kurang lebih 40 km dan mengurangi waktu tempuh minimal 2 jam. Menurutnya, jaringan jalan tol trans-Jawa ini akan menghubungkan jalan tol Jakarta-Cikampek dan jalan tol Palimanan- Kanci. ”Keberadaan tol ini akan mendukung potensi ekonomi karena bisa menjadi solusi permasalahan prasarana jaringan jalan, khususnya di wilayah pantura, Jawa Barat dan mendukung mobilitas di wilayah barat Pulau Jawa,” tutur dia.

Jalan tol Cikopo-Palimanan dibiayai dengan skema private publicpartnership atau kerja sama pemerintah dengan pihak swasta. Pembangunan jalan tol dilakukan Badan Usaha Jalan Tol, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) dengan pemegang saham PLUS Expressways Berhad 55%, dan PT Baskhara Utama Sedaya 45%. Biaya investasinya mencapai Rp 13,779 triliun melalui equity dari Badan Usaha Jalan Tol dan pinjaman dari pihak perbankan.

”Sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR, jalan tol ini akan dibuka untuk sosialisasi tanpa tarif selama minimum tujuh hari setelah peresmian. Khususnya diperuntukkan bagi kendaraan golongan I,” tuturnya. Kementerian PUPR juga memberikan diskon atau potongan tarif jalan tol yang dioperasikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 25-35% selama H- 10 hingga H+3 Lebaran 2015. Basuki mengatakan, penetapan potongan tarif dilakukan operator sesuai dengan SK Menteri PUPR.

”Dalam rangka perayaan Lebaran 1436 Hijriah dan meningkatkan pelayanan jalan tol serta memberikan penghargaan kepada pengguna jalan tol, kami berikan potongan tarif sebagai bentuk amal,” kata Basuki. Basuki mengatakan nantinya besaran tarif tol untuk jarak terjauh yang akan dikenakan untuk golongan I sebesar Rp96.000 berdasarkan SK Menteri PUPR.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama LMS Hudaya Arryanto menambahkan, tol Cikopo- Palaimanan yang terdiri atas enam seksi ini akan mempunyai 8 rest area , 7 pintu masuk, dan 7 simpang susun.

Didin jalaludin/ant
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.1033 seconds (0.1#10.140)