Menjaga Terumbu Samalona

Minggu, 07 Juni 2015 - 10:50 WIB
Menjaga Terumbu Samalona
Menjaga Terumbu Samalona
A A A
Ribuan pulau membentang dari Sabang hingga Merauke yang keindahannya dikenal dunia. Salah satunya Pulau Samalona yang hanya membutuhkan 30 menit perjalanan menggunakan perahu motor dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dekatnya jarak ditambah fasilitas penginapan yang memadai menjadikan pulau ini sebagai salah satu alternatif destinasi wisata. Pulau Samalona memiliki pemandangan memanjakan mata. Pasir putih landai menghiasi pantai, air laut nan jernih berpadu indah dengan langit biru menjadikan panorama pulau seluas 2 hektare ini terlihat bagaikan lukisan.

Keindahan dasar laut pulau ini menjadi satu daya tarik utama pengunjung. Penyewaan alat snorkeling maupun selam tersedia untuk wisatawan dengan harga terjangkau. Namun kini hanya sebagian kecil saja bagian pantai yang masih memiliki terumbu karang alami. Kebiasaan buruk nelayan yang melakukan pengeboman ikan telah merusak keindahan dasar laut pulau ini.

Instansi terkait beserta aktivis lingkungan bahumembahu mengembalikan keindahan bawah laut Samalona. Beragam program konservasi terumbu karang pun diinisiasi untuk menjaga kelestarian ekosistem bawah laut pulau ini. Termasuk salah satunya peletakan hasil transplantasi karang oleh tim Kementerian Kelautan dan Perikanan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSL) Makassar beserta komunitas lingkungan dan penduduk pada Jumat lalu (5/6).
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0865 seconds (0.1#10.140)