Tidak Ada Perbedaan, Semua Karyawan Disapa Mark Zuckerberg

Rabu, 03 Juni 2015 - 12:30 WIB
Tidak Ada Perbedaan, Semua Karyawan Disapa Mark Zuckerberg
Tidak Ada Perbedaan, Semua Karyawan Disapa Mark Zuckerberg
A A A
Markas Facebook di Menlo Park, California, Amerika Serikat (AS) menjadi tempat paling menyenangkan untuk magang kerja berdasarkan survei yang dilakukan Glassdoor , sebuah laman lowongan kerja yang berbasis di Sausalito, California, AS.

Ini merupakan kedua kalinya raksasa media sosial tersebut menempati urutan pertama sebagai perusahaan terbaik untuk magang selama dua tahun berturut-turut. Mereka yang magang kerja umumnya mahasiswa yang ingin mencari pengalaman kerja atau tambahan uang saku. Hasil survei ini dibenarkan Elizabeth Gregory dan Patricia McKenzie, dua mantan karyawan magang di Facebook yang mengaku sangat terkesan ketika menjalani magang kerja di perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg tersebut.

Menurut Gregory, suasana kerja yang diciptakan sangat menyenangkan. Di sana ada waktu untuk pesta koktail, suasana kerja layaknya di kampus, makanan gratis, hingga salam ramah yang selalu diberikan sang CEO, Mark Zuckerberg. Karyawan magang di Facebook diperlakukan layaknya karyawan tetap, termasuk dalam hal fasilitas yang diterima. Namun di satu sisi, mereka juga dituntut untuk bekerja secara profesional.

Biasanya, seusai kerja antara karyawan magang dan mereka yang sudah berstatus karyawan tetap, mereka selalu bersenangsenang bersama. ”Magang kerja di Facebook benar-benar seperti berada di sebuah kampus, tapi di sini jauh lebih menyenangkan,” tutur Gregory, dikutip Dailymail. Menurutnya, kampus Menlo Park milik Facebook yang terletak di atas lahan seluas 60 hektare merupakan tempat yang lengkap.

Di sana terdapat berbagai fasilitas, termasuk tukang cukur, toko es krim, jalur sepeda. Gregory yang magang kerja sebagai desainer produk pada musim panas lalu, menambahkan, Zuckerberg memiliki sifat yang sangat ramah, rendah hati, dan baik terhadap seluruh karyawannya. ”Dia selalu berusaha menyapa karyawannya sekalipun terhadap karyawan magang,” katanya.

Bahkan, tutur Gregory, dirinya tidak menyangka kalau meja kerja yang dipakai Zuckerberg ternyata hampir sama persis dengan meja kerja karyawan magang seperti dirinya. ”Komputernya sama, semuanya sama. Ini benarbenar luar biasa. Dia seorang pria yang benar-benar baik dan selalu menyapa saya saat sedang berkeliling, walau dia tidak tahu persis siapa saya,” cerita Gregory.

Karyawan magang lain yang tidak disebutkan namanya, mengaku sangat terkesan bagaimana Facebook kerap membuat pesta untuk seluruh karyawan. ”Setiap Kamis mereka memiliki pesta cocktail. Selain itu, karyawan tetap dan magang diberi makanan gratis setiap hari,” ujarnya. Menurutnya, meskipun hanya berstatus karyawan magang, dia mendapatkan penghasilan lebih besar tanpa harus bekerja ekstra seperti di tempat magang sebelumnya.

Berdasarkan catatan Glassdoor, magang kerja di Facebook dibayar rata-rata USD5.600 (sekitar Rp73 juta) per bulan atau sekitar USD67.000 (Rp880 juta) dalam setahun. Hyla Wallis, kepala operasi universitas milik Facebook, mengatakan bahwa perusahaan memandang magang kerja sebagai program evaluasi. ”Ini kesempatan bagi kami untuk mengenal karyawan magang dan mereka mengenal kami,” tuturnya.

ANANDA NARARYA
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5211 seconds (0.1#10.140)