APBD Cair, Pemkot Jakbar Kebut Normalisasi Sungai

Selasa, 02 Juni 2015 - 12:43 WIB
APBD Cair, Pemkot Jakbar Kebut Normalisasi Sungai
APBD Cair, Pemkot Jakbar Kebut Normalisasi Sungai
A A A
JAKARTA - Tak ingin terulang banjir besar seperti awal tahun ini, Pemkot Jakarta Barat mulai fokus normalisasi sungai di wilayahnya. Sekretaris Kota Jakarta Barat Muhamad Zen tidak menampik masih banyak sungai di wilayahnya yang mengalami pendangkalan.

Beberapa sungai yang mengalami pendangkalan di antaranya anak Kali Ciliwung, Kali Sekretaris, Kali Apuran, hingga yang terparah Kali Semongol. ”Itu yang menjadi prioritas kami. Setelah APBD turun kami akan langsung kerjakan normalisasi. Jadi ketika hujan besar kami akan siap,” kata Zen di Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, kemarin.

Zen menuturkan, berdasarkan pantauan serta laporan warga hingga lurah dan camat, sungai di Jakarta Barat dangkal lantaran sudah lama tidak dikeruk. Selama ini normalisasi sungai terkendala ada bangunan di bantaran kali. Agar normalisasi berjalan mulus, Pemkot Jakarta Barat akan membongkar ratusan bangunan semipermanen dan permanen.

”Seperti Kali Semongol itu parah. Bangunan warga malah nutupin kali. Selain normalisasi, kami juga akan bangun jalan inspeksi,” tandasnya. Koordinator Normalisasi Waduk dan Kali Se-DKI Jakarta Heriyanto mengaku masih banyak kali di Ibu Kota yang belum dinormalisasi. Dia pun tidak heran Jakarta masih belum bisa bebas banjir seperti yang terjadi pada Februari lalu.

”Saya akui sejak 2012 saya menjabat, baru 30% kali yang dinormalisasi,” jelasnya. Mantan Kepala Sudin Pekerjaan Umum Jakarta Barat ini mengaku, lambatnya normalisasi karena sulitnya ekskavator masuk ke dalam kali untuk melakukan pengerukan.

Dia pun berharap Pemprov DKI Jakarta membantu dengan cara melakukan penggusuran bangunan di bantaran kali. ”Artinya Pemprov DKI yang melakukan pembongkaran. Kita yang mengeksekusi untuk pengerukan dan membangun jalan,” tuturnya.

Yan yusuf
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6351 seconds (0.1#10.140)