Ribuan Warga Bogor Bersihkan Sungai Ciliwung

Senin, 01 Juni 2015 - 11:36 WIB
Ribuan Warga Bogor Bersihkan Sungai Ciliwung
Ribuan Warga Bogor Bersihkan Sungai Ciliwung
A A A
BOGOR - Sekitar 2.000 warga Bogor memunguti sampah di sepanjang aliran Sungai Ciliwung mulai dari Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, hingga Kedunghalang, Bogor Utara, Kota Bogor, Sabtu (30/5).

Kegiatan Lomba Mulung Sampah Ciliwung Ke-7 yang diinisiasi Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) dan Pemkot Bogor ini berhasil mengangkat 2.500 karung sampah nonorganik di sepanjang aliran Sungai Ciliwung. Berdasarkan pantauan di Kelurahan Sukasari, Bogor Timur, ratusan warga antusias mengikuti lomba memungut sampah yang mengambang dan tersangkut di antara cadas (bebatuan) Sungai Ciliwung.

Warga tua maupun muda saling bahu-membahu memungut sampah dan dikumpulkan ke dalam karung. ”Saya merasa senang bisa mengikuti bersihbersih Ciliwung. Sungai ini perlu dijaga kebersihannya,” kata Endang, 32, warga Sukasari yang tinggal di bantaran kali. Dia bersama warga lainnya semangat memulung sampah karena setiap sampah yang berhasil dikumpulkan akan dihitung dan dilombakan.

Bagi warga yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak akan mendapatkan hadiah. Koordinator Lomba Mulung Sampah Ciliwung Muhamad Muslich mengatakan, ada 45 titik pemulungan sampah di sepanjang 26 km Sungai Ciliwung. Selain warga dari 13 kelurahan, lomba ini juga melibatkan unsur pelajar, mahasiswa, komunitas pencinta lingkungan, perusahaan, serta TNI.

”Acara ini sudah tujuh kali dan digelar setiap HUT Bogor dengan tema Hayu Urang Koroyok Runtah Ciliwung yang diikuti warga 13 kelurahan dari hulu di Katulampa hingga hilir di Kelurahan Sukasari,” paparnya. Lomba Mulung Sampah Ciliwung Ke-7 ditutup dengan hasil yakni Kelurahan Tanah Sareal berhasil memperoleh 3.292 poin; Kelurahan Sempur memperoleh 2.054 poin; dan Kelurahan Kedunghalang dengan 1.907 poin.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengingatkan pentingnya sinergi berbagai pihak dalam memperbaiki kondisi Sungai Ciliwung. ”Kalau pemkot saja, tidak sanggup, tidak cukup, tenaganya terbatas, harus didorong oleh warga. Ini tanggung jawab kita semua,” ucapnya.

Haryudi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3952 seconds (0.1#10.140)