Ongkos Naik Haji Turun, Begini Ceritanya...

Minggu, 31 Mei 2015 - 13:32 WIB
Ongkos Naik Haji Turun, Begini Ceritanya...
Ongkos Naik Haji Turun, Begini Ceritanya...
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah menurunkan biaya ibadah haji menjadi USD2.717. Sebelumnya ongkos ibadah haji sebesar USD3.219. Penurunan biaya haji mencapai USD502.

Penurunan biaya haji itu dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2015 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2015. (Baca: Jokowi Turunkan Ongkos Haji)

Anggota Komisi VIII DPR Abdullah Fikri Faqih mengungkapkan upaya untuk menurunkan biaya haji tahun 2015 bukan sesuatu yang mudah.

Bahkan, Komisi VIII harus menggelar pertemuan sebanyak 17 kali dengan sejumlah pihak terkait dalam rapat panitia kerja (panja). "Kita harus bedah semua komponen biaya haji per jamaahnya," kata Fikri dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Minggu (31/5/2015).

Dia menjelaskan, semula Kementerian Agama (Kemenag) hanya sanggup menurunkan biaya haji sebesar USD26 dollar dari biaya awal yakni USD3.219 dollar.

"Dalam beberapa kali rapat, kami minta efisiensi lebih dari USD26, tapi sulit sekali, akhirnya kami minta bedah dan sisir satu persatu komponen biayanya," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, Panja Biaya Haji Komisi VIII membuat dokumen rasionalisasi yang antara lain digunakan untuk membandingkan biaya haji versi Kemenag dengan realitas dalam survei lapangan.

Fikri mengatakan saat itu melihat masih ada peluang untuk menekan biaya haji, salah satunya terkait pemondokan. Komisi VIII menilai dalam haji kali ini bisa digunakan lima titik pemondokan.

Akan tetapi, lanjut dia, pemerintah berpendapat perlu adanya tujuh pemondokan dari sebelumnya yang mencapai belasan titik.

"Akhirnya disepakati ada enam titik pemondokan bagi jamaah Indonesia padahal semakin banyak titik akan semakin rumit mengatur transportasi dan distribusi katering, artinya semakin mahal," tuturnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyampaikan, dalam pertemuan itu juga disepakati penurunan sejumlah biaya lain yang bisa menekan lebih murahnya biaya haji, termasuk harga tiket perjalanan.

"Baru kali ini di ruang rapat Komisi VIII, pihak Garuda bersedia menurunkan harga tiketnya dari USD2.180 menjadi USD2.160, lumayan selisih USD20," kata dia.

Akhirnya meski alot, upaya tersebut berbuah kesepakatan. Biaya haji 2015 akhirnya dipangkas hingga sebesar USD502.

"Kita masih harus melakukan pengawasan pelaksanaan haji 2015. Kita tetap berdoa agar pelaksanaan haji tahun ini lebih sukses," ucap Fikri.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1363 seconds (0.1#10.140)