Donor Darah Bukti MNC Group Cinta Sesama

Kamis, 28 Mei 2015 - 11:42 WIB
Donor Darah Bukti MNC Group Cinta Sesama
Donor Darah Bukti MNC Group Cinta Sesama
A A A
JAKARTA - MNC Group kembali menyelenggarakan donor darah di Auditorium MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, kemarin. Mengusung tema ”Donorkan Darah, Sebarkan Cinta Bersama MNC Group” diharapkan kegiatan ini bisa membantu mengatasi kekurangan darah baik di DKI Jakarta maupun daerah lainnya.

Dalam kesempatan ini, Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution juga ikut mendonorkan darahnya. Syafril mengatakan, kali ini MNC Group menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Tangerang untuk menjalankan kegiatan donor darah. Sedikitnya 300 karyawan mendaftar untuk mendonorkan darahnya. Donor darah rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Menurut dia, ini kegiatan positif di mana bagi pendonor ada manfaatnya, begitu pun bagi pengguna. Donor darah ini diharapkan bisa mengurangi defisit darah yang kerap timbul. ”Donor darah sebagai bentuk kepedulian sosial karyawan MNC,” ujar Syafril. Donor darah juga merupakan agenda tanggung jawab sosial perusahaan selain kegiatan lain seperti pengobatan gratis dan perbaikan jalan maupun jembatan. Kebutuhan akan darah setiap tahun terus meningkat.

Untuk itu, MNC Group selalu menaikkan target pendonor tiap kali mengadakan kegiatan donor darah. ”Kegiatan ini akan terus kita adakan dan kita tambah jumlah pendonornya,” katanya. Karyawan MNC Life Ila Susilawati mengaku terbiasa melakukan donor darah. Dia sudah merasakan manfaat dari donor darah, sirkulasi darah menjadi lebih baik.

Apalagi wanita kerap ada istilah darah kotor. Dengan donor darah, hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah. ”Sebelum donor darah ketika datang bulan saya kerap kesakitan, namun setelah donor rasa sakit itu berkurang,” sebut wanita yang sudah lebih dari lima kali melakukan donor darah ini.

Dokter Umum PMI Kota Tangerang Dian Damayanti mengapresiasi inisiatif MNC Group yang secara berkala menggelar donor darah. Pada kegiatan kali ini, pihaknya membawa 22 petugas medis. Sepuluh petugas yang mengambil darah, tiga petugas pemeriksa hemoglobin pendonor, tiga petugas pemeriksa tekanan darah pendonor, empat petugas administrasi, serta dua dokter.

Sebelum diambil darah, para pendonor akan dicek kesehatannya. Setelah pengecekan baru pendonor bisa diambil darahnya. Namun, tidak semua pendonor bisa mendonorkan darahnya karena ada syarat yang harus dipenuhi antara lain tidak mengonsumsi alkohol dalam satu minggu dan istirahat minimal lima jam sebelum mendonorkan darahnya.

”Jadi tidak semua pendonor bisa mendonorkan darahnya,” kata Dian. Dengan tambahan darah dari MNC Group, pihaknya akan menyiasati agar bisa menjadi stok selama bulan puasa.

Ridwansyah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6365 seconds (0.1#10.140)