Puan Optimistis Kerja Sama Pendidikan Meningkat

Kamis, 28 Mei 2015 - 11:25 WIB
Puan Optimistis Kerja Sama Pendidikan Meningkat
Puan Optimistis Kerja Sama Pendidikan Meningkat
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani optimistis kerja sama bilateral antara Indonesia dan China terus meningkat di berbagai bidang.

Peningkatan kerja sama terutama pada bidang pendidikan yang pernah dijalin sejak era Presiden pertama RI, Soekarno. ”Kerja sama Indonesia dengan Tiongkok (China) kali ini mengingatkan kembali bagaimana hubungan yang sangat baik juga pernah terjalin pada masa lampau,” kata Puan terkait kunjungan kenegaraan Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat China Liu Yandong ke Indonesia, di Jakarta kemarin.

Puan mengatakan, kunjungan Liu ke Indonesia semakin memberikan momentum baru yang positif dalam hubungan bilateral antara kedua negara. Liu yang datang ke Indonesia bersama menteri pendidikan, wakil menteri luar negeri dan sejumlah petinggi China sangat tepat dalam upaya meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, kesehatan, serta kebudayaan dan pariwisata. Menurut Puan, hubungan Indonesia dan China berkembang sangat erat dan cepat.

Hal itu ditunjukkan dengan kunjungan kenegaraan yang dilakukan Presiden Joko Widodo ke Beijing dan sebaliknya kedatangan Presiden China Xi Jinping ke Indonesia. ”Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran dan partisipasi aktif Presiden Republik Rakyat Tiongkok (China) pada peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika di Jakarta dan Bandung beberapa waktu lalu,” ujar dia.

Deputi Menko PMK Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Agus Sartono mengatakan, sejumlah kesepakatan dan nota kesepahaman dalam bidang pendidikan akan diteken antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Republik Rakyat China. Indonesia memandang China merupakan salah satu negara yang bidang pendidikannya cukup maju pesat. ”Kita ingin juga meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan belajar dari Tiongkok (China),” ujar Agus.

Rahmat sahid
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5462 seconds (0.1#10.140)