Ratusan Bangunan Liar Persempit Jalan Inspeksi

Rabu, 27 Mei 2015 - 09:04 WIB
Ratusan Bangunan Liar Persempit Jalan Inspeksi
Ratusan Bangunan Liar Persempit Jalan Inspeksi
A A A
JAKARTA - Ratusan bangunan dan gubuk sepanjang bibir tanggul Jalan Inspeksi di Kanal Banjir Barat (KBB), Kelurahan Jati Pulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, yang mempersempit jalan tersebut akhirnya ditertibkan kemarin.

Penertiban sekitar pukul 08.00 WIB dengan mengerahkan sekitar 500 petugas gabungan terdiri atas Satpol PP, TNI, polisi, Sudin Kebersihan, dan Sudin Pencegahan Bencana. Tak ada perlawanan dari warga saat sejumlah petugas melakukan penertiban dan pembakaran terhadap sejumlah bangunan semipermanen yang digunakan sebagai pos hansip, kandang ayam, hingga kandang burung. Camat Palmerah Zeri Ronazy mengatakan, bangunan dan gubuk liar di Jalan Inspeksi KBB telah membuat kawasan tersebut menjadi kumuh sehingga membuat jalan itu menjadi sempit.

”Kami tertibkan dari mulai wilayah RW 04, 05, 06, 07, 08, dan 10. Panjangnya mencapai kira-kira 700 meter lebih,” ujar Zeri. Dia berharap dengan ditertibkannya seluruh bangunan dan gubuk-gubuk sepanjang bibir tanggul Kali KBB, Sudin Bina Marga dapat melebarkan jalan tersebut yang saat ini hanya satu lajur menjadi dua lajur. ”Saat ini Jalan Inspeksi hanya dapat dilintasi satu mobil. Setelah ini Sudin Bina Marga dapat melebarkan jalan tersebut hingga dapat memudahkan armada pemadam kebakaran melintas saat hendak memadamkan api ketika terjadi kebakaran,” katanya.

Romli, 47, warga RT 16/08, Jati Pulo, Palmerah menuturkan, warga memang sudah mengikhlaskan baik itu kandang ayam, pos-pos hansip, dan gubuk-gubuk tersebut dibongkar. Pasalnya, sebulan sebelum ditertibkan seluruh warga pada enam RW itu sudah diberi tahu oleh pihak kelurahan.

”Selama ini warga hanya memanfaatkan lahan kosong bibir tanggul Kali KBB daripada mubazir. Tapi kalau ternyata harus dibongkar agar bersih dan indah, ya kami tidak ada masalah,” ucapnya.

Yan yusuf
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6603 seconds (0.1#10.140)