5 Ribu Relawan Perindo Gelar Latihan Tanggap Bencana

Jum'at, 27 Februari 2015 - 20:10 WIB
5 Ribu Relawan Perindo Gelar Latihan Tanggap Bencana
5 Ribu Relawan Perindo Gelar Latihan Tanggap Bencana
A A A
JAKARTA - Guna melatih relawan tanggap darurat bencana, Rescue Perindo bekerja sama dengan Relawan Indonesia (Relindo) menggelar kegiatan Water Rescue Training.

Kegiatan ini diikuti oleh Tim Rescue Perindo, Tim Relawan Indonesia, Tim Jakarta Rescue dan kader terbaik Partai Perindo dari Kepulauan Riau, Papua, Jawa Timur, Bangka Belitung, Jakarta, Bandung dan lainnya. Pelatihan Water Rescue Trainingā€langsung dilakukan di Setu Babakan.

Komandan Diklat Relindo untuk Kemanusiaan Joko Ardi mengatakan, dalam kegiatan ini terdapat dua kegiatan yakni Relindo Water Rescue dan Rapat Koordinasi Nasional Relawan Indonesia untuk Kemanusiaan.

"Untuk Water Rescue ini kelanjutan anggota relawan yang sudah punya kemampuan dasar seorang relawan," kata Joko di lokasi, Jumat (27/2/2015).

Joko menjelaskan, setiap relawan memiliki spesialisasi dari mulai jungle rescue, vertical rescue dan water rescue. Sebanyak 80 orang kali ini ikut dalam kegiatan tersebut.

"Total seluruh relawan yang kita miliki yang punya dan sudah dilatih kemampuan dasar ada 5 ribu orang. Mereka akan ditempatkan sesuai potensi daerah," ucapnya.

"Misal daerahnya rawan longsor dan banyak hutan maka mereka yang diterjunkan adalah jungle rescue, lalu kalau gedung-gedung atau tebing maka vertical rescue, atau kalau di perkotaan ada city disaster rescue," imbuhnya.

Para relawan sudah memiliki kemampuan dasar di antaranya tiga kemampuan seperti wawasan bencana dan penanggulangan bencana, keterampilan dasar dan pengenalan keterampilan spesial, pengalaman dan simulasi.

"Karena itu kami bekerja sama dengan Jakarta Rescue sebagai NGO yang sudah memiliki sertifikasi internasional Search and Rescue Advisory Group (Insarag)," paparnya.

Ketua Umum Rescue Perindo Adin Denny mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Jakarta Rescue secara berkelanjutan melatih relawan bersama Rescue Perindo.

Dia menegaskan, pelatihan dan pembekalan relawan akan terus berjalan berkesinambungan.

"Sekarang ini dari berbagai daerah di Indonesia melaksanakan pelatihan Water Rescue berkesinambungan. Ini baru tahap awal," jelas Adin.

Adin menambahkan dengan menyesuaikan keadaan kondisi alam di daerah masing-masih. Dia berharap setiap relawan dapat menularkan semangat positif ke masyarakat lain di daerahnya.

"Mereka dapat menularkan semangat ini ke daerah lainnya. Kami sudah banyak langsung turun ke daerah bencana seperti banjir Jakarta, Manado, Banjarnegara, dan berbagai daerah rawan bencana di Indonesia," tutup Adin.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6012 seconds (0.1#10.140)