Polri Diminta Solid Hadapi Isu Kriminalisasi

Selasa, 27 Januari 2015 - 13:32 WIB
Polri Diminta Solid Hadapi Isu Kriminalisasi
Polri Diminta Solid Hadapi Isu Kriminalisasi
A A A
JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) meminta jajaran Polri agar melakukan konsolidasi internal. Langkah tersebut dinilai perlu ditempuh kepolisian untuk menghadapi isu kriminalisasi.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan saat ini soliditas pejabat Polri dibutuhkan untuk memberi ketenangan kepada anggota Polri.

Menurut Neta, isu kriminalisasi terhadap pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai mempengaruhi cara berpikir anggota Polri, baik di struktur pusat maupun daerah.

Dia mengatakan, isu kriminalisasi KPK sudah mulai berhasil diredam."Hanya disayangkan masih ada purnawirawan yang bermanuver hingga cenderung memojokan institusi Polri," ujar Neta kepada Sindonews di Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Neta menduga manuver tersebut karena dilatarbelakangi dendam pribadi masa lalu yang dirasakan sejumlah pejabat tinggi kepolisian. Meski demikian Neta tidak menyebutkan purnawirawan dimaksud.

"IPW berharap para purnawirawan maupun polisi yang aktif bisa merapatkan barisan untuk memperkuat dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.

Sementara terkait konflik yang terjadi antara Polri dan KPK, kata dia, presiden Joko Widodo harus mengambil langkah cepat.

Menurut dia, Jokowi harus patuh terhadap konstitusi sebagaimana janjinya saat kampanye calon presiden tahun lalu.

"Ketika DPR sudah menyetujui Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri, Presiden harus melantiknya dan jangan bersikap ragu," paparnya.

Seperti diketahui, isu kriminalisasi kembali muncul ke publik pasca penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2428 seconds (0.1#10.140)