Prasetyo Diragukan Bisa Independen Pimpin Kejagung

Jum'at, 28 November 2014 - 08:05 WIB
Prasetyo Diragukan Bisa Independen Pimpin Kejagung
Prasetyo Diragukan Bisa Independen Pimpin Kejagung
A A A
JAKARTA - Kehawatiran publik terhadap independensi HM Prasetyo sebagai Jaksa Agung dinilai hal yang wajar. Lantaran Prasetyo pernah aktif di Partai Nasdem.

Direktur Investigasi dan Advokasi Fitra Uchok Sky Khadafi meragukan, Prasetyo bisa independen dalam menjalankan tugasnya di Kejaksaan Agung (Kejagung). Dia dikhawatirkan tak bisa objektif dalam menangani kasus yang berkaitan dengan parpol atau kepentingan politik kelompok tertentu.

"Apalagi latar belakang dari partai, tidak mungkin dari bisa independen," kata Uchok melalui pesan singkat kepada Sindonews, Kamis 27 November 2014 malam.

Ucok meminta Komisi III DPR sebagai mitra kerjanya harus memberikan pengawasan yang lebih ketat terhadap Kejagung. Menurutnya, Komisi III harus memberikan target kepada mantan kader partai pimpinan Surya Paloh ini.

"Kasih target buat Jaksa Agung baru, berapa target orang pemda yang akan ditangkap Kejari dan Kejati. Berapa orang target Kejagung, dalam setahun menangkap koruptor," tegasnya.

Sebelumnya, HM Prasetyo menjamin dirinya akan tetap independen meskipun berlatar belakang parpol. Dia juga menepis anggapan akan sulit bekerja secara objektif dalam menangani berbagai kasus korupsi di Kejagung.

"Dijamin integritas dan independensi," kata Prasetyo di Istana, Jakarta, Kamis 20 November 2014.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5669 seconds (0.1#10.140)