Menag Tegaskan Tak Ada Jemaah Haji Titipan

Senin, 16 Juni 2014 - 07:16 WIB
Menag Tegaskan Tak Ada Jemaah Haji Titipan
Menag Tegaskan Tak Ada Jemaah Haji Titipan
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) yakin, kuota haji tahun ini diisi dari daftar calon jemaah haji, tanpa ada titipan. Karenanya Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, agar daerah maksimalkan sisa kuota yang diberikan nantinya.

Menurut dia, saat ini pemerintah sedang melakukan pendalaman dan memelajari terkait mengisi kuota haji semaksimal mungkin, di isi oleh calon jemaah haji yang seharusnya berangkat.

"Karena jangan sampai terjadi sisa kuota karena akan mubazir. Intinya jangan sampai sisa kuota tersebut menimbulkan potensi korupsi. Karena digunakan bukan pada semestinya," kata Lukman Hakim saat ditemui di Jakarta, Minggu 15 Juni 2014.

Lukman menegaskan jika terjadi sisa kuota, maka akan menimbulkan potensi korupsi dan ketidakefisiensi. Untuk itu, daerah harus semaksimal mungkin menyerap sisa kuota dari calon jemaah.

"Sementara itu masyarakat juga diharapkan untuk memersiapkan diri. Masyarakat juga harus siap sejak dini‎, meskipun belum ditetapkan tahun berapa berangkatnya," ucap politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Belajar dari pengalaman yang sudah terjadi dalam penyelenggaraan haji, maka akuntabilitas dan transparasi akan lebih ditonjolkan. Hal ini upaya tegas dari Kemenag, untuk memerbaiki sistem dan penyelenggaraan haji. "Ini upaya kita untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan kebiasaan lama sama sekali," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4564 seconds (0.1#10.140)