Komunitas Ibu Galang Petisi Tolak Kekerasan Seksual Anak

Selasa, 20 Mei 2014 - 22:29 WIB
Komunitas Ibu Galang Petisi Tolak Kekerasan Seksual Anak
Komunitas Ibu Galang Petisi Tolak Kekerasan Seksual Anak
A A A
JAKARTA - Komunitas Ibu Bergerak mengajak semua elemen masyarakat untuk peduli dan melindungi anak dari segala bentuk kekerasan.

Komunitas sosialita ini membuat petisi menentang kejahatan seksual terhadap anak. "Gerakan ini membangun kesadaran dan meningkatkan pengetahuan masyarakat bahwa rumah adalah garda depan dalam menjaga dan melindungi anak," ujar Koordinator Ibu Bergerak, Precilia Siahaan saat ditemui di Kemang, Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Dia juga menjelaskan, rumah adalah kunci utama untuk melindungi anak dari segala bentuk kekerasan.

Petisi ini digalang bersama Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) hari ini dengan mendeklarasikan gerakan Indonesia Satu Aksi Menentang Kejahatan Seksual Terhadap Anak.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengatakan, kondisi kejahatan seksual terhadap anak pada tahun 2013-2014 sangat tinggi. Kondisi kedaruratan itu berdasarkan pengaduan kekerasan terhadap anak ke Komnas PA terus meningkat.

Laporan dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) terdapat 21.689.797 kasus pelanggaran hak anak di 179 Kabupaten/Kota. 42-58 persen di antaranya merupakan kejahatan seksual terhadap anak, selebihnya kekerasan fisik, perdagangan anak dll.

"Kami sampaikan bahwa, predator-predator seksual anak itu ada dimana-mana, di sekeliling kita. Oleh karena itu, semua elemen masyarakat harus peduli dan bergerak," tutur Arist.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7459 seconds (0.1#10.140)