Pemerintah serahkan masalah Sampang kepada daerah

Kamis, 19 Desember 2013 - 17:08 WIB
Pemerintah serahkan masalah Sampang kepada daerah
Pemerintah serahkan masalah Sampang kepada daerah
A A A
Sindonews.com - Pemerintah serahkan penyelesaian permasalahan konflik di Sampang, Jawa Timur kepada pemerintah daerah (pemda). Penyampaian kesepakatan ini dinilai lebih efektif, guna mengendalikan keamanan masyarakat dan mengembalikan masyarakat Syiah untuk kembali ke daerah mereka.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan, permasalahan Sampang diserahkan dan dipercayakan kepada daerah.

Pemda berusaha akan menyelesaikan sendiri permasalahan konflik, tanpa menargetkan batas waktu. Nantinya, pemda akan mengoptimalkan fungsi para tokoh agama dan daerah setempat, dengan penyesaian melalui pendekatan tokoh daerah dan agama setempat.

“Mereka sepakat tanpa ada batasan waktu. Saat ini perlu ada penyesuian dan pendekatan dengan yang lainya. Kami tugaskan kepada pemda dan ulama setempat, tanpa ada paksaan dan targetan waktu,” kata Menko, saat ditemui di Kantor Kemenko Kesra, Kamis (19/12/2013).

Agung menyatakan, saat ini tidak ada lagi permasalahan serius dan meluas di Sampang, untuk itu diyakinkan tidak akan terjadi konflik kembali. Sebagai bentuk antisipasi yang harus dilakukan, seperti mengembalikan kepercayaan dan membenahi perbedaan diantara kelompok secara perlahan.

“Kami yakini selain pembangunan kembali daerah mereka, tetapi juga dikomunikasikan agar tidak timbul persoalan kembali,” kata Agung.

Saat ini pemerintah tetap memperhatikan, bukan hanya permasalahan keimanan dan keyakinan. Namun, pemberdayaan ekonomi dan pambangunan infrastruktur seperti rumah dan fasilitas umum, yang sudah dilakukan menjadi bentuk tanggung jawab Pemerintah Pusat.

“Penyelesaian bukan dengan pusat, tapi dengan daerah. Merekalah yang meminta, tanpa ada paksaan. Jadi percayakan kepada mereka,” kata dia.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7943 seconds (0.1#10.140)