Politik

Pengamanan pemilu, Lemsaneg tak gunakan tenaga asing

Selasa,  24 September 2013  −  19:08 WIB
Pengamanan pemilu, Lemsaneg tak gunakan tenaga asing
Ilustrasi, (SINDOphoto).

Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk ikut terlibat dalam pengamanan atau pencegahan terjadinya kebocoran informasi hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.

Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Mayjen TNI Djoko Setiadi mengatakan, tim Lemsaneg dalam melakukan pengamanan Pemilu 2014, semua berasal dari dalam negeri. Dia menjamin, tidak ada tenaga warga asing.

"Tidak ada tenaga dari asing, pure (seluruhnya) dari dalam negeri," kata Djoko di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2013).

Dalam melakukan pengamanan, Djoko tidak menyebut berapa tenaga yang dibutuhkan, pasalnya masih sangat tergantung sesuai dengan kebutuhan. Dalam kerja sama ini, Lemsaneg dan KPU akan saling tukar pikiran terkait pengamanan yang berbasiskan teknologi informasi.

"Kalau personel tergantung kebutuhan. Tapi kita lebih banyak transfer knowledge jadi kemampuan kita transfer ke teman-teman ke KPU, bagaimana mengelola IT di sini," tukasnya.

Selain dengan Lemsaneg, KPU juga bekerja sama dengan beberapa lembaga yakni Ikatan akuntan Insdonesia (IAI), Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan  Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).


(maf)

views: 876x

 

shadow