Politik

Moralitas, penyebab terjadinya pelanggaran pemilu

Kamis,  20 September 2012  −  16:36 WIB
Moralitas, penyebab terjadinya pelanggaran pemilu
Ilustrasi (Istimewa)

Sindonews.com - Moralitas masyarakat menjadi faktor utama banyaknya pelanggaran yang terjadi dalam setiap penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). Sebab, penyelenggara pemilu dan Undang-Undang (UU) sebenarnya telah mengatur dengan tegas mekanisme penyelenggaraan pemilu itu sendiri.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nelson Simanjuntak mengatakan, pelanggaran pemilu tidak akan berkurang selama moralitas masyarakat masih buruk, dan terus berpikir untuk berbuat curang demi memenangi pemilu.

"Kita berharap tidak ada lagi pelanggaran yang dilakukan dalam pemilu. Tapi kalau hanya diatur melalui aturan, tidak mungkin kita bisa melakukan pemilu secara damai," katanya di Kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (20/9/2012).

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya masih terus berupaya untuk merangkul tokoh agama untuk memberikan pengertian mengenai pentingnya moral dalam penyelenggaraan pemilu.

"Ini harus melibatkan semua pihak. Kita akan kumpulkan tokoh tokoh agama, agar bisa menyebarkan dan membicarakan permasalahan ini ke masyarakat luas," tandasnya.


(lil)

views: 1.900x

 

shadow