HUT RI ke-67 jadi hari perdamaian di perbatasan

Jum'at, 17 Agustus 2012 - 19:16 WIB
HUT RI ke-67 jadi hari perdamaian di perbatasan
HUT RI ke-67 jadi hari perdamaian di perbatasan
A A A
Sindonews.com - Ratusan warga Kecamatan Bikomi Nilulat di Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), berinisiatif membacakan surat pernyataan menjaga perdamaian.

Hal itu menyusul seringnya terjadi pertikaian antar warga dua negara akhir-akhir ini akibat batas tanah dua Negara. Pembacaan surat tersebut berlangsung saat upacara peringati HUT RI ke-67 di Kantor Kecamatan Bikomi Nilulat, NTT.

Dalam surat pernyataan itu, warga berjanji akan menjaga perdamaian di sepanjang wilayah perbatasan RI-Republic Demokratica de Timor Leste (RDTL), khususnya wilayah Kecamatan Bikomi Nilulat yang berbatasan langsung dengan Pasabe Distrik Oecussi Timor Leste.

"Kami harap penyelesaian masalah secara adat merupakan cara ampuh yang bermartabat daripada kekerasan sebab sejak jaman dahulu adat istiadat warga masih sama tradisinya, termasuk dalam penyelesaian lima titik sengketa yang masih bermasalah hingga hari ini," terang warga Bikomi Nilulat, T Rofinus Abi, warga Bikomi Nilulat, TTU, Jumat (17/08/2012)

Mereka berharap, usai pembacaan pernyataan sikap dalam perayaan kemerdekaan tahun ini dapat menggugah perasaan nasionalisme warga agar tidak terjadi konflik lagi di sepanjang garis perbatasan.

Beberapa inti pokok dalam pernyataan itu sebagai berikut, warga Bikomi Nilulat menyatakan akan menjaga perdamaian di sepanjang garis perbatasan kedua negara, senantiasa menjaga keharmonisan antara warga melalui tradisi adat dua negara, menghormati hukum yang berlaku di dua Negara, menjaga stabilitas perdamaian khususnya pada lima titik yang masih disengketakan.

Pernyataan sikap itu mendapat persetujuan dari sejumlah tokoh adat, unsur pimpinan TNI dan polisi di lima Pos perbatasan yang ada sepanjang wilayah Bikomi Nilulat.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8552 seconds (0.1#10.140)