alexa snippet

HT: Pemerintah Harus Proteksi dan Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja Lokal

HT: Pemerintah Harus Proteksi dan Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja Lokal
Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) menilai, tenaga kerja asing (TKA) harus dibatasi untuk melindungi tenaga kerja lokal, saat saat pelantikan 430 DPRt Partai Perindo Bojonegoro di Gedung Serbaguna Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (11/1/2017).KO
A+ A-
BOJONEGORO - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) menilai, serbuan tenaga kerja asing (TKA) harus segera dibatasi untuk melindungi tenaga kerja lokal. Pemerintah seharusnya meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal agar bisa menempati posisi-posisi strategis yang dikuasai TKA.

“Tenaga kerja asing harus dibatasi, hanya untuk keahlian khusus yang tidak kita miliki. Berikan kesempatan pada masyarakat kita,” ujar HT saat pelantikan 430 DPRt Partai Perindo Bojonegoro di Gedung Serbaguna Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (11/1/2017).

Sejak pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), TKA berbondong-bondong masuk ke Indonesia. TKA mengisi sektor-sektor menengah ke bawah, bukan yang membutuhkan keahlian atau skill khusus. Seharusnya, sektor-sektor yang tidak membutuhkan keahlian khusus tersebut bisa diisi tenaga kerja lokal. “Pemerintah harus memberikan proteksi dan meningkatkan kualitas tenaga kerja kita,” tegas HT.

Tak hanya memberikan perlindungan, lanjut HT, harus ada transfer of knowledge oleh TKA dalam menyiapkan kemampuan tenaga kerja lokal. Selain itu, pemerintah perlu memberikan pelatihan-pelatihan dan meningkatkan pendidikan tenaga kerja lokal agar tidak kalah saing dengan TKA. “Jika mereka produktif, maka akan memiliki daya saing dengan tenaga kerja asing,” katanya.



(wib)
views: 3.365
loading gif
Top