Pemerintah Bahas Rencana Pengiriman Pasukan Perdamaian

Senin, 05 Desember 2016 - 17:10 WIB
Pemerintah Bahas Rencana Pengiriman Pasukan Perdamaian
Pemerintah Bahas Rencana Pengiriman Pasukan Perdamaian
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto dan menteri yang terkait koordinasi di bawahnya ‎menggelar rapat koordinasi khusus (Rakorsus) untuk membahas rencana pengiriman pasukan perdamaian.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Indonesia merupakan kontributor terbesar dalam memberikan pasukan perdamaian di dunia.

‎"Tidak hanya mengirimkan personelnya untuk misi perdamaian, tapi kita juga men-deploy peralatan alutsista untuk misi-misi perdamaian di 10 negara," ujar Retno usai rakorsus di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (5/12/2016).

Retno menuturkan, dalam Rakorsus tadi dibahas mengenai komitmen Indonesia sebagai penyumbang pasukan perdamaian. Sekaligus membahas rencana pengiriman pasukan.

"Jadi untuk menterjemahkan atau pelaksanaannya kami sudah membuat suatu road map menuju hal tersebut," katanya.

Retno tak menampik kontribusi Indonesia dalam pasukan perdamaian tak terpisah dengan posisi Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Menurutnya, kontribusi itu memberikan pengaruh cukup kuat dalam menjalin komunikasi dengan negara lain.

"Tentunya komitmen seperti ini akan kami kapitalisasi dan dapat menjadi aset yang mendukung Indonesia di dalam pencalonan Indonesia di dalam DK PBB tahun 2019-20120," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3349 seconds (0.1#10.140)