Pemerintah Komitmen Tak Pangkas Dana Bansos PKH

Selasa, 13 September 2016 - 21:35 WIB
Pemerintah Komitmen Tak Pangkas Dana Bansos PKH
Pemerintah Komitmen Tak Pangkas Dana Bansos PKH
A A A
JAKARTA - Pemerintah berkomitmen tidak mengurangi dana bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH). Bahkan, pemerintah berkomitmen untuk untuk menambah cakupan penerima dana bansos PKH.

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dalam pencairan triwulan ketiga 2016 September ini, jumlah peserta PKH sebanyak 3,5 juta keluarga, maka November mendatang akan ditambah sebanyak 2,5 juta keluarga.

"Dengan demikian, jumlah keluarga di Indonesia yang menerima dana PKH menjadi 6 juta keluarga," ujar Khofifah, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Dia mengajak jajaran pelaksana maupun penerima dana PKH di daerah benar-benar memanfaatkan dana tersebut sesuai peruntukannya dan berdampak positif dalam upaya mengurangi angka kemiskinan. "Manfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya," imbuhnya. (Baca: Mensos Ditunjuk Jadi Juri Pahlawan untuk Indonesia untuk Indonesia 2016)

Dia menambahkan, pihaknya juga menerapkan teknis pencairan berbagai program perlindungan sosial melalui satu kartu yang disebut dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). KKS, kata dia dapat digunakan untuk penerima program Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), beras sejahtera atau raskin dan program lainnya.

"Bansos kabupaten dan provinsi bisa, elpiji tiga kilo juga bisa, masing-masing ada e-walletnya. Nanti, bank mitra bisa menyiapkan dasbor di kantor kabupaten/kota agar pemerintah daerah juga bisa memonitor pelaksanaannya," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3621 seconds (0.1#10.140)