Kementerian PPPA Ingin Gandeng Ormas Cegah Kekerasan Seksual

Kamis, 01 September 2016 - 17:50 WIB
Kementerian PPPA Ingin Gandeng Ormas Cegah Kekerasan Seksual
Kementerian PPPA Ingin Gandeng Ormas Cegah Kekerasan Seksual
A A A
JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ingin menggandeng sejumlah pihak untuk mencegah kasus kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan.‎ Adapun sejumlah pihak yang bakal dilibatkan antara lain organisasi masyarakat (Ormas), ‎pusat studi wanita seluruh Indonesia dari perguruan tinggi negeri maupun swasta, tokoh adat, serta tokoh masyarakat.

Menteri PPPA Yohana Yembise ‎mengatakan, tugas kementeriannya untuk mencegah agar tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak tidak terjadi. "Jadi sosialisasi advokasi kami tetap jalan terus kemana-mana seperti yang saya katakan badan-badan pemberdayaan perempuan," ujar Yohana di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Adapun mengenai rehabilitasi korban kekerasan seksual, Kementerian PPPA yang dipimpin Yohana ini berkoordinasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos). Dan selama ini, lanjut dia, koordinasi itu berjalan baik.

"Jadi, anak-anak ini ditangani terlebih dahulu karena darurat sementara kita lihat kalau harus dimasukan ke panti rehabilitasi sosial, kami koordinasi dengan kementerian sosial," tuturnya.

Dia mengakui bahwa anak laki-laki yang menjadi korban prostitusi gay online berasal dari kalangan tidak mampu. "Bulan lalu saya katakan sudah sekitar 3.000 anak-anak yang masuk dalam jaringan gay ini," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7189 seconds (0.1#10.140)