DPR Minta Kemenkes Sigap Hadapi Penyebaran Virus Zika

Kamis, 01 September 2016 - 11:38 WIB
DPR Minta Kemenkes Sigap Hadapi Penyebaran Virus Zika
DPR Minta Kemenkes Sigap Hadapi Penyebaran Virus Zika
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diminta sigap mengantisipasi penyebaran virus zika yang belakangan ini sudah merambah Singapura.

Kurangnya informasi terkait penyebaran virus zika di kalangan masyarakat, bisa menjadi salah satu faktor penyebaran virus tersebut ke Indonesia.

"Kami meminta Kementerian Kesehatan lebih sigap dan siap di dalam melakukan langkah-langkah antisipasi penyebaran virus zika, agar tidak menjadi wabah yang dapat menyebar di Indonesia," ujar Anggota Komisi IX DPR M Iqbal kepada Sindonews, Kamis (1/9/2016).

Virus yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti ini disebut-sebut sangat berbahaya, terutama bagi janin. Janin yang terkena virus ini bisa mengalami mikrosefali alias memiliki otak dan tengkorak yang abnormal dan berukuran kecil.

Karena disebarkan oleh nyamuk, kata Iqbal, maka pencegahan utama menyebarkan virus tersebut adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Iqbal berharap melalui sosialisasi dari Kemenkes, masyarakat bisa melakukan pencegahan dan mengantisipasi penyebaran virus zika.

"Kementerian Kesehatan juga harus memberikan informasi kepada masyarakat mengenai bahaya virus zika, khususnya bagi ibu hamil. Sebab, virus ini bisa menimbulkan cacat bagi janin yang dikandungnya,” kata politikus PPP ini.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5614 seconds (0.1#10.140)