Luhut Yakin Gelar Pahlawan untuk Gus Dur Hanya Tunggu Waktu

Rabu, 22 Juni 2016 - 22:22 WIB
Luhut Yakin Gelar Pahlawan untuk Gus Dur Hanya Tunggu Waktu
Luhut Yakin Gelar Pahlawan untuk Gus Dur Hanya Tunggu Waktu
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan yakin Presiden keempat Republik Indonesia Abdurahman Wahid (Gus Dur) akan mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

Menurut Luhut, gelar untuk tokoh pluralisme itu tinggal menunggu waktu. Luhut menjelaskan, kementerian terkait masih harus mengomunikasikan hal itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kita nanti akan coba komunikasi ini dengan Presiden untuk dipertimbangkan karena ini memang cuma masalah waktu saja,” ujar Luhut saat menghadiri buka puasa bersama yang digelar Mahfud MD (MMD) Initiative, Jalan Dempo, Matraman Jakarta Rabu (22/6/2016).

Luhut menilai Gus Dur tidak memiliki persoalan terkait konstitusi. Begitu juga dengan pelanggaran pidana. “Memang waktu itu saja keadaan politik sedang demikian, dan apa yang saya rasakan Gus Dur itu memang Presiden yang yakin,” katanya.

Dia menambahkan lebih pasti pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Gus Dur kemungkinan akan disampaikan pada Hari Pahlawan 10 November mendatang. “Kita berharap pada penganugerahan Pahlawan Nasional tahun ini, 10 November 2016,” ucapnya.

Adapun selain Gus Dur, pemerintah juga tengah menimbang pemberian gelar serupa kepada Presiden kedua RI Soeharto. Sama seperti Gus Dur, proses pengajuan gelar Pahlawan Nasional untuk Soeharto tengah berjalan. “Mereka yang tengah menunggu untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional,” katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8028 seconds (0.1#10.140)