Nama Calon Kapolri Muncul, Komisi III Siap Lakukan Seleksi

Senin, 23 Mei 2016 - 20:07 WIB
Nama Calon Kapolri Muncul, Komisi III Siap Lakukan Seleksi
Nama Calon Kapolri Muncul, Komisi III Siap Lakukan Seleksi
A A A
JAKARTA - Sejumlah petinggi Polri disebut-sebut berpeluang menggantikan posisi Jenderal Polisi Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Selain Komjen Pol Budi Gunawan, ada beberapa nama lainnya yang disebut memiliki peluang untuk menjadi orang nomor satu di korps Bhayangkara tersebut.

Mereka adalah, Komjen Pol Budi Waseso, Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno, Komjen Pol Tito Karnavian, Komjen Pol Syafruddin, Komjen Pol Suhardi Alius, dan Komjen Pol Dwi Prayitno .

Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil mengingatkan Kapolri ke depan harus mempunyai visi dan misi yang sama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, kata dia, Kapolri juga harus mampu menerjemahkan keinginan Presiden.

Menurutnya, perwira Polri dengan pangkat bintang tiga memiliki peluang untuk menjadi Kapolri, termasuk Komjen Pol Budi Waseso. "Bintang tiga, semua sudah cukup syaratnya," ujar Nasir, Jakarta, Senin (23/05/2016).

Namun, pihaknya di Komisi III DPR masih menunggu kejelasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) apakah akan memperpanjang masa jabatan Jenderal Pol Badrodin Haiti atau tidak. Sebaliknya, jika Jokowi memutuskan untuk mengusulkan nama baru untuk Kapolri pihaknya siap melakukan seleksi melalui uji kelayakan dan kepatutan calon. (Baca: Dua Partai Pendukung Pemerintah Beda Pendapat Soal Kapolri)

"Belum tahu sikap presiden. Jadi diperpanjang atau tidak tentu presiden mendengar dari ahli kepolisian, ahli tata negara, dan manajemen birokrasi. Kita sendiri wait and see. Apapun sikap presiden itu pilihan yang baik," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4128 seconds (0.1#10.140)