124 Peserta Lolos Jadi Finalis di Musabaqah Kitab Kuning

Selasa, 12 April 2016 - 17:31 WIB
124 Peserta Lolos Jadi Finalis di Musabaqah Kitab Kuning
124 Peserta Lolos Jadi Finalis di Musabaqah Kitab Kuning
A A A
JAKARTA - Musabaqah Kitab Kuning (MKK) telah memasuki tahap final. Tak kurang 124 finalis yang terpilih dari 31 provinsi se-Indonesia, diadu kebolehannya membaca kitab gundul atau kitab kuning.

"Sejak 2-9 April, sehingaa bisa berkumpul 124 finalis. Dari semalam sudah hadir dan ada pembinaan dari dewan juri. Finalis berasal dari 31 lokasi di 31 provinsi. Dua juara laki-laki dan dua perempuan diambil untuk masuk final," kata Ketua Panitia MKK, Cucun Ahmad Syamsurijal, di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Ketua Dewan Koordinasi Nasional (DKN) Garda Bangsa itu menambahkan, aspek penilaian dalam ajang final tersebut ialah kepandaian, menerjemahkan serta menjelaskan isi kitab Ikha Ulumudin karya Imam Ghazali.

"Saya terima kasih seluruh jajaran panitia dan Ketua DPW se-Indonesia yang sudah lakukan seleksi di tingkat provinsinya," imbuhnya.

Rencananya, kegiatan serupa bakal digelar pada perayaan hari santri nasional pada 1 Oktober mendatang. Adapun juara pertama lomba MKK kali ini, bakal mendapat hadiah berkunjung ke Mekkah, Arab Saudi.

"Ada usulan kegiatan ini dirangkai untuk hari santri nasional, 1 Oktober. Dalam laporan ini, besok para finalis akan terpilih siapa yang terbaik yang akan berkunjung ke Baitullah, Mekkah. Juaranya satu perempuan dan satu laki-laki. Kita siapkan sampai juara harapan," tukasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7238 seconds (0.1#10.140)