DPR Peringatkan China Terkait Insiden Natuna

Selasa, 22 Maret 2016 - 09:06 WIB
DPR Peringatkan China Terkait Insiden Natuna
DPR Peringatkan China Terkait Insiden Natuna
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR mendukung nota protes yang disampaikan pemerintah melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi‎ terkait aksi kapal penjaga pantai China di Laut Natuna. Sebab, aksi kapal penjaga pantai China di Laut Natuna‎ dianggap pelanggaran serius.

‎"Saya mendukung nota protes pemerintah Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi kepada pemerintah China dalam kasus pelanggaran wilayah perairan Indonesia oleh kapal nelayan dan armada coastguard China," ujar Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq ‎kepada wartawan melalui pesan singkat, Selasa (22/3/2016).

Komisi I DPR mengingatkan pihak China seharusnya menjaga bangunan kepercayaan (trust building) dengan Indonesia.‎ Sebab, insiden pelanggaran yang dilakukan pihak China dinilai dapat menggoyahkan pondasi bangunan kepercayaan kedua negara yang sedang dibangun.

"Pemerintah China harus sungguh-sungguh merespons nota protes Indonesia ini, jika tidak maka China akan bisa kehilangan teman dalam peran-peran yang sedang dikembangkannya di kawasan ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri KKP Susi Pudjiastuti menyayangkan sikap pemerintah China (Tiongkok) yang seakan berada di belakang aksi illegal fishing di perairan Natuna yang baru saja digagalkan tim Satgas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Saat itu, ketika penyidik KKP akan menarik kapal ikan ilegal milik nelayan China, KM Kway Fey 10078, coastguard China justru menabraknya. Hal tersebut diduga agar kapal tidak dibawa ke Indonesia untuk diinvestigasi lebih jauh dan ditenggelamkan.

PILIHAN:

Menhan Panggil Dubes China Terkait Insiden Natuna
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7419 seconds (0.1#10.140)