Hasil Evaluasi Akuntabilitas Jadi Parameter Kinerja Kementerian

Senin, 04 Januari 2016 - 21:59 WIB
Hasil Evaluasi Akuntabilitas Jadi Parameter Kinerja Kementerian
Hasil Evaluasi Akuntabilitas Jadi Parameter Kinerja Kementerian
A A A
JAKARTA - Laporan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dinilai menjadi tolok ukur kinerja kementerian/ lembaga.

Baru-baru ini Kementerian yang dipimpin Yuddy Chrisnandi itu ‎mengeluarkan hasil evaluasi 77 kementerian/lembaga‎.

"Pada prinsipnya, apa yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi itu‎ menjadi tolok ukur bagi kementerian, lembaga dan apakah ini menjadi acuan atau hal yang katakanlah,‎" kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1/2016).

‎Karena, lanjut Pramono, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar kerja jajaran kabinet bisa dipercepat mulai tahun 2016 ini. (Baca juga: Laporan Akuntabilitas Menteri Terkait Reshuffle?)

Dia menuturkan, pada rapat kabinet‎ paripurna siang tadi Presiden berulangkali menegaskan tahun 2016 merupakan periode percepatan kerja kabinet. Menurut dia, Presiden menginginkan beberapa persoalan dapat segera diselesaikan.

‎"Beberapa contohnya adalah sekarang ini ada 17 kementerian yang memiliki badan promosinya masing-masing, semuanya akan disatukan dan kerja pada satu alur yang sama. Jadi tidak lagi secara parsial," tuturnya.

Kendati demikian, Pramono mengaku belum melihat ‎laporan evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi‎ itu.


PILIHAN:

Usut Kasus Politikus PDIP, MKD Tunggu Polda NTT
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3329 seconds (0.1#10.140)