Dunia Kedokteran Hadapi Tantangan Global

Senin, 16 November 2015 - 14:48 WIB
Dunia Kedokteran Hadapi Tantangan Global
Dunia Kedokteran Hadapi Tantangan Global
A A A
JAKARTA - Mobilitas masyarakat global semakin tinggi. Penduduk dunia secara leluasa bergerak dari satu negara ke negara lain. Kondisi tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi dunia kedokteran, khususnya keperawatan.

“Menjadi tantangan global seperti penyebaran penyakit menular flu burung, ebola, MERS, ancaman perubahan iklim, perubahan orientasi layanan kesehatan menjadi tantangan tersendiri bagi para lulusan keperawatan,” tutur Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), Junaiti Sahar, Senin (16/11/2015).

Hal itu diungkapkan Junaiti dalam diskusi panel dalam Rangka Dies Natalis FIK UI ke-30 dengan tema 30 Tahun FIK UI Merawat Bangsa.

Junaiti menambahkan pihak akademisi berupaya mengedepankan promotif dan preventif, kuratif dan rehabilitatif. Selain itu, kata dia, pihak akademisi berupaya memperkuat promosi kesehatan dan tetap mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

"Saat ini kami juga ikut berpartisipasi dalam mempersiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan dan operasional Rumah Sakit UI sebagai RS pendidikan,” tuturnya.

Rektor UI Muhammad Anis menambahkan saat ini sudah ada program strata tiga (S-3) atau doktor pada bidang keperawatan. “Itu artinya peran profesi keperawatan sangat penting, FIK UI sudah 30 tahun bukan waktu yang singkat,” ungkapnya.

Anis menambahkan, setiap pasien harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik. Oleh karena itu, lanjut dia, pengembangan iptek dan inovasi dalam dunia medis penting untuk meningkatkan pelayanan yang bermutu.

“Setiap pasien butuh pelayanan high quality jika tidak nanti mereka pergi ke Singapura, Malaysia jika tak ada perubahan. Oleh karena itu keperawatan harus dikembangkan dengan memasukan unsur iptek manusia modern harus makin modern makin tunjukan pelayanan yang bermutu,” tutur Anis.


PILIHAN:

Bareskrim Kembali Panggi Dirut PT Pelindo II
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4441 seconds (0.1#10.140)