Identifikasi Korban Tragedi Mina, DVI Polri Temui Pihak Saudi

Minggu, 04 Oktober 2015 - 15:19 WIB
Identifikasi Korban Tragedi Mina, DVI Polri Temui Pihak Saudi
Identifikasi Korban Tragedi Mina, DVI Polri Temui Pihak Saudi
A A A
JAKARTA - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri telah tiba di Jeddah, Arab Saudi untuk membantu identifikasi jenazah korban tragedi Mina, khususnya yang berasal dari Indonesia.

Direktur Eksekutif DVI Kombes Pol Anton Castilani menyampaikan, berdasarkan laporan kepala Tim DVI bahwa setiba di Jeddah, mereka secara resmi diterima oleh perwakilan RI di Kantor Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah, dilanjutkan dengan pertemuan dengan Wakil Dubes dan Konjen.

Setelah itu mereka berkoordinasi dengan sejumlah pihak berwenang. Salah satunya ialah menyampaikan tujuan kehadiran ke Tanah Suci untuk membantu proses identifikasi korban tragedi Mina.

"Bahwa misi DVI adalah bekerjasama dengan pemerintah Saudi dalam identifikasi korban Mina," kata Anton melalui pesan tertulis kepada wartawan, Minggu (4/10/2015).

Anton menambahkan, kehadiran DVI juga sebagai wujud dan meningkatkan hubungan bilateral dan persaudaraan RI dengan Arab Saudi serta kelanjutan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke negara itu beberapa waktu lalu.

"Diharapkan bantuan DVI dapat menjadi pembuka kerja sama RI dan Saudi di berbagai bidang di masa yang akan datang, perlu dicatat DVI Indonesia adalah satu-satunya yang diberi akses oleh Saudi," ungkap Anton.

Hari ini, rencananya mereka akan menggelar pertemuan dengan pihak Departemen Kesehatan Arab Saudi untuk memulai rangkaian kegiatan identifikasi itu.

Sementara mengenai data korban tragedi Mina asal Indonesia yang akan diidentifikasi, mereka akan mengikuti data yang telah dikumpulkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)

"Tidak ada perbedaan angka. DVI bekerja dengan titik awal yang sudah disiapkan rekan-rekan Kemenlu dan Kemenag," tandasnya.

Pilihan:

PKS Prediksi Indonesia Akan Alami Tiga Krisis
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7539 seconds (0.1#10.140)