Solusi PPP Kubu Romi Soal Calon Tunggal di Pilkada

Senin, 03 Agustus 2015 - 11:38 WIB
Solusi PPP Kubu Romi Soal Calon Tunggal di Pilkada
Solusi PPP Kubu Romi Soal Calon Tunggal di Pilkada
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hasil Muktamar Surabaya tidak mempersoalkan fenomena calon tunggal pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan digelar pada akhir tahun ini.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai tetap bisa menggelar pilkada dengan calon tunggal yang harus dihadapkan dengan bumbung kosong atau ilustrasi gambar atau tanda yang ditempatkan di samping pasangan calon pada kertas suara

"Kita memiliki kearifan lama sejak zaman pilkades (pemilihan kepala desa) dulu. Ikuti saja. KPU tetap menggelar pilkada, calon tunggal dihadapkan dengan bumbung (bambu) kosong," tutur Ketua Umum PPP hasil Muktamar Surabaya, M Romahurmuziy atau Romi berbincang dengan Sindonews, Senin (3/8/2015).

Dia berpendapat apabila hasil pemilihan menunjukkan calon tunggal mendapatkan suara banyak maka itu membuktikan dukungan rakyat yang besar. Sebaliknya apabila yang menang bumbung kosong, kata dia, bisa diindikasikan calon tunggal itu hasil kental rekayasa.

Menurut dia, apabila suara yang diperoleh bumbung kosong lebih banyak maka pemerintah bisa bisa menunjuk seorang pejabat pelaksana tugas (plt) untuk mengisi kekosongan pemimpin di wilayah tersebut.

"Jika bumbung kosong yang menang maka ditunjuk plt oleh pemerintah," ujarnya.


PILIHAN:


KPU Lamban Sikapi Fenomena Calon Tunggal, Ada Apa?
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5821 seconds (0.1#10.140)