PDIP Belum Punya Calon di 24 Daerah

Selasa, 21 Juli 2015 - 22:01 WIB
PDIP Belum Punya Calon di 24 Daerah
PDIP Belum Punya Calon di 24 Daerah
A A A
JAKARTA - Sebanyak 269 daerah akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak pada Desember mendatang. Dari jumlah itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengakui belum memiliki calon untuk pilkada di 24 daerah.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, kekosongan kursi calon kepala daerah itu imbas dari putusan Makamah Konstitusi (MK) yang membuka peluang praktik politik dinasti, atau keluarga petahana mengikuti pilkada.

Penyebab lainnya adalah adanya syarat bagi anggota legislatif untuk mengundurkan diri bila ingin mencalonkan diri menjadi kepala daerah.

"Efek putusan MK, ada banyak perubahan terkait calon petahana dan dinasti politik. Lalu ketentuan legislatif wajib mundur kalau jadi kepala daerah, ini menciptakan perubahan konfigurasi," tutur Hasto di sela-sela acara sekolah calon kepala daerah di Wisma Kinasih, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (21/7/2015).

Kendati demikian, Hasto merasa yakin partainya segera mengisi kursi calon kepala daerah di berbagai wilayah. Dia mengakui partainya hanya menjadi pendukung di sejumlah daerah lantaran tidak memiliki kursi di DPRD.


PILIHAN:


PDIP Siap Beri Masukan Soal Reshuffle ke Jokowi
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6772 seconds (0.1#10.140)