TNI AU Cek Spesifikasi Pesawat F-16 Hibah AS

Sabtu, 23 Mei 2015 - 20:17 WIB
TNI AU Cek Spesifikasi Pesawat F-16 Hibah AS
TNI AU Cek Spesifikasi Pesawat F-16 Hibah AS
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Udara (AU) akan memeriksa spesifikasi empat pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat yang baru tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi, Jawa Timur.

Pesawat tempur tersebut merupakan bantuan hibah dari Amerika Serikat (AS) kepada Pemerintah Indonesia. (Baca: TNI AU Terima Empat Pesawat F-16 Hibah Amerika)

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) AU Marsekal Pertama Dwi Badarmanto membenarkan kedatangan empat pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat.

Keempat pesawat tersebut merupakan bagian dari pengadaan 24 pesawat tempur sejenis. "Iya benar sudah datang di Lanud Iswahyudi, sebelumnya sudah datang lima sekarang empat, jadi sembilan pesawat total yang sudah diterima," katanya, Sabtu (23/5/2015)

Dia berharap, empat pesawat yang baru tiba tersebut sudah dilengkapi drag chute atau payung di belakang pesawat yang berfungsi sebagai pengamanan sesuai dengan pesanan.

"Harusnya sudah ada (drag chute) makanya nanti akan dicek dahulu apakah memenuhi spesifikasi, administrasi dan kontrak jika tidak sesuai maka akan dibicarakan lagi. Pengecekan ini tidak akan memakan waktu lama," ungkapnya.

Bila pesawat telah dinyatakan siap, keempat pesawat tersebut akan di tempatkan di Lanud Iswahyudi yang merupakan home base pesawat F-16 dan Lanud Pekan Baru untuk meng-cover wilayah udara Indonesia bagian barat.

"Rencananya, tahun depan seluruh pesawat sudah diterima Indonesia," ucapnya.

Seperti diketahui, satu unit pesawat tempur F-16 TNI AU yang dipiloti Letkol (Pnb) Firman Dwicahyono terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Kamis 16 April lalu. Pesawat hibah dari AS ini mengalami engine fire saat akan lepas landas.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5128 seconds (0.1#10.140)