Pilpres 2024, Menelisik Peluang Sandi Jadi Wakil Airlangga dari KIB

Rabu, 18 Januari 2023 - 08:30 WIB
loading...
Pilpres 2024, Menelisik Peluang Sandi Jadi Wakil Airlangga dari KIB
Sandiaga Uno saat menghadiri peringatan hari lahir (harlah) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Stadion Kridosono Kota Yogyakarta, Minggu (8/1/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dinilai menjadi salah satu kandidat cawapres 2024 terkuat. Karena itu, Pilpres 2024 akan menjadi momentum untuk meneruskan estafet kepemimpinan.

Peneliti BRIN, Wasisto Rahardjo Jati menilai, Pemilu 2024 akan dimanfaatkan betul bagi para tokoh populer untuk maju sebagai capres atau cawapres.

"Sandiaga Uno yang selama ini menjadi bagian dari nama-nama populer berdasarkan beberapa rilis survei tentu berkeinginan maju," kata Wasisto, Selasa (17/1/2023).



Wasisto menilai komunikasi yang dibangun Sandiaga dengan PPP adalah hal yang wajar. Meskipun hal tersebut berdampak pada hubungan yang memanas antara internal Partai Gerindra dan Sandiaga.

"Saya pikir itu bisa jadi silaturahmi politik biasa atau bagian dari pendekatan politik untuk nominasi," ujarnya.

Wasis menambahkan, kalaupun nantinya PPP bakal mengusung Sandiaga di 2024, maka peluang munculnya duet Airlangga Hartarto dan Sandiaga Uno di 2024 sangat mungkin terjadi. "Formulasi itu berpotensi dan dimungkinkan. Namun tetap perlu melihat dinamika antar koalisi seperti apa," katanya.

Wasis menambahkan, terjadinya duet Airlangga dan Sandiaga berpeluang besar. Terlebih, kombinasi ini dinilai melengkapi generasi senior dan junior. "Saya pikir peluang itu ada, terlebih kombinasi ini mencerminkan relasi sinergis generasi senior dan muda," tutur dia.

Baca juga: Sandiaga: Saya Hadir di Tengah Masyarakat Berikan Solusi, Urusan Politik Biar Tokoh Partai

Sandiaga dianggap berpotensi menjadi cawapres di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) apabila Sandi benar bergabung dengan PPP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)