Singapura Dukung Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023

Senin, 16 Januari 2023 - 19:18 WIB
loading...
Singapura Dukung Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bersama Presiden Singapura Halimah Yacob. Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Presiden Singapura Halimah Yacob menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Istana Presiden Singapura, Senin (16/1/2023). Dalam kesempatan itu, Halimah menyampaikan bahwa pemerintah Singapura memberikan dukungan penuh terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023.

“Singapura juga mendukung Indonesia sebagai yang menjabat keketuaan ASEAN, dan akan mendukung upaya-upaya dalam rangka menjadikan Asia Tenggara sebagai pusat ekonomi dan menjadi semacam pusat kekuatan ekonomi dunia,” kata Wapres dalam keterangan persnya di Hotel Hilton Singapura, 333 Orchard Rd, Singapura, Senin (16/1/2023).

Dia menjelaskan, selain membawa misi untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat ekonomi, secara khusus Indonesia juga akan berupaya untuk menjadi pusat produsen halal terbesar di dunia. Untuk itu, sebagai negara yang telah menjalin hubungan bilateral dengan Indonesia sejak lama, Wapres berharap Singapura dapat mendukung misi ini melalui investasi-investasi di bidang syariah.





“Saya ingin membangun, menyampaikan Indonesia akan membangun kerja sama dengan Singapura. Dan mengharapkan Singapura akan mengambil peran dalam, ikut berinvestasi di bidang produk halal Indonesia,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, lanjut dia, Presiden Halimah Yacob pun mengungkapkan antusiasmenya terhadap kerja sama di bidang ini. Kerja sama di bidang syariah diyakini memiliki potensi besar di dunia global.

“Singapura sangat merespons (baik) dan mengajak bahwa memang masalah produk halal ini tidak hanya sampai di tingkat ASEAN, tetapi memang juga punya pasar yang besar di tingkat global,” ungkap Wapres.

“Karena itu, beliau juga sangat merespons dan ingin bekerja sama di bidang (halal/syariah),” tambahnya.

Wapres kembali menekankan bahwa dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 60 menit tersebut, kedua pemimpin sama-sama berkomitmen untuk semakin memperkuat hubungan baik antarnegara di segala bidang.

“Di pertemuan itu saya menyampaikan bahwa Singapura merupakan mitra penting bagi Indonesia dan saya sampaikan bahwa Singapura dan Indonesia telah membangun kerja sama yang baik selama ini. Dan ini memperkuat kerja sama Indonesia-Singapura supaya lebih erat lagi,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2496 seconds (0.1#10.140)