Tak Menjadi Bintang di HUT PDIP, Bagaimana Nasib Ganjar?

Senin, 16 Januari 2023 - 10:40 WIB
loading...
Tak Menjadi Bintang di HUT PDIP, Bagaimana Nasib Ganjar?
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri HUT ke-50 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023) lalu. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak menjadi pusat perhatian dalam HUT ke-50 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023) lalu. Meski selalu masuk tiga besar survei capres 2024, tapi Ganjar tidak pernah disebut oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, bahkan posisi duduknya pun di baris ketiga bersama kader biasa.

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menyebutkan, ada beberapa alasan Ganjar tidak menjadi bintang di HUT PDIP. Pertama, Ganjar berkemungkinan tidak masuk dalam skema capres yang dipersiapkan oleh Megawati di 2024. Megawati menyebut trah Soekarno, Puan Maharani dan memperkenalkan anak-anak Puan ke peserta HUT PDIP.

Kedua, Megawati seperti serius untuk memikirkan trah Soekarno sebagai capres dan cawapres di 2024 dan mempersiapkan regenerasi kepemimpinan di internal PDIP. Dengan membuka jalan untuk trah Soekarno, sinyal kepemimpinan PDIP selanjutnya bakal berlanjut ke anak-anaknya.



Ketiga, dengan keluarnya nama Ganjar di kelompok-kelompok relawan politik dan beberapa partai politik menjadi masalah dalam skema organisasi PDIP. Ganjar adalah kader PDIP tapi namanya lebih dulu keluar di partai lain. Secara organisasi Ganjar dinilai mendesak PDIP dengan menggunakan relawan dan tangan partai lain agar mendeklarasikan dirinya sebagai capres.

"Pendekatan relawan yang mendesak PDIP agar mendeklarasikan Jokowi di tahun 2014 mungkin saja efektif karena posisinya saat itu sebagai oposisi. Namun, saat ini posisi PDIP adalah partai penguasa. Seharusnya siapa calon yang bakal diusung oleh PDIP tentu tidak terlalu masalah, karena PDIP punya infrastruktur politiknya. Sayangnya munculnya Ganjar di PDIP tidak menjadi kejutan seperti yang terjadi di Jokowi, sehingga banyak menilai Ganjar meniru pola yang dilakukan oleh Jokowi," kata Arifki, Senin (16/1/2023).

Jika Ganjar Pranowo tidak memperoleh restu dari Megawati maju di Pilpres 2024, maka bisa memaksimalkan posisinya di partai lain, salah satunya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun tampaknya hal ini juga tidak gampang karena Ganjar harus bertarung dengan kader-kader anggota koalisi partai KIB yang berencana ingin maju sebagai capres, seperti Airlangga Hartarto. Selain itu, Ridwan Kamil yang sudah bergabung dengan Partai Golkar, Erick Tohir yang dekat dengan PAN, serta Sandiaga Uno yang juga dikabarkan bakal merapat ke PPP jika tidak diusung oleh Gerindra sebagai capres dan cawapres.

Baca juga: Membaca Sikap Megawati Tak Umumkan Capres 2024 di HUT ke-50 PDIP

Dari berbagai dinamika yang terjadi di partai-partai KIB, Ganjar mungkin saja dengan mudah mendapatkan posisi capres, tetapi dinamika cawapres bakal menyulitkan menghasilkan kesepakatan. Namun, Golkar, PAN, dan PPP partai yang tidak ada pemiliknya, sehingga berbagai kemungkinan itu bisa saja terjadi untuk jalan Ganjar memperoleh kapal politik cadangan jika tidak mendapatkan tempat di kapal eksekutif PDIP.

"Ganjar itu udah dua periode sebagai gubernur. Pilihan maju sebagai capres atau cawapres tentu logis. Popularitas Ganjar hanya sia-sia jika ambisi politiknya di tahun 2024 hanya sekadar menjadi menteri. Jika kesempatan di tahun 2024 tidak diambilnya, pada tahun 2029 tidak hanya cahaya dari PDIP yang bakal semakin redup untuk Ganjar, tetapi juga penilaian dari publik. Pilihan Ganjar yang tersisa cuma mengharapkan tiket dari KIB jika ingin tetap maju sebagai capres," kata Arifki.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)