Sejarah Hari Dharma Samudera Diperingati Setiap 15 Januari

Minggu, 15 Januari 2023 - 09:54 WIB
loading...
A A A
Pesawat Belanda segera menembakkan suar pemberi peringatan yang mengundang tiga kapal kombatan Belanda, Hr.Ms Eversten, Kortenaer, dan Utrecht datang. Pertempuran tidak seimbang terjadi lagi.

KRI Macan Tutul tenggelam bersama Komodor Yos Sudarso dan anak buah kapalnya. Sedangkan KRI Harimau dan Macan Kumbang berhasil putar haluan dan selamat karena manuver dan perlindungan yang diberikan KRI Macan Tutul.

“Karena keberanian dan sikap rela berkorban yang ditunjukkan oleh Komodor Yos Sudarso bersama anak buah kapalnya, peristiwa tanggal 15 Januari 1962 tersebut dijadikan momentum Hari Dharma Samudera. Hari di mana para pahlawan laut yang terlibat dalam pertempuran-pertempuran laut yang pernah terjadi di Indonesia dikenang,” pungkasnya.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Vero Yudo Margono mengucapkan selamat memperingati Hari Dharma Samudera ke-61. “Selamat Memperingati Hari Dharma Samudera ke-61. 15 Januari 2023. Kobarkan Semangat Persatuan Yos Sudarso,” katanya dikutip dari laman resmi TNI, Minggu (15/1/2023).
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)