Said Iqbal Dukung Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024

Sabtu, 14 Januari 2023 - 13:19 WIB
loading...
Said Iqbal Dukung Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024
Partai Buruh mendukung penerapan sistem proporsional tertutup atau sistem coblos partai di Pemilu 2024. Hal itu, dikatakan Presiden Partai Buruh, Said Iqbal. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Partai Buruh menyatakan mendukung penerapan sistem proporsional tertutup atau sistem coblos partai di Pemilu 2024. Hal itu, dikatakan Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (14/1/2023).

"Kami setuju sistem proporsional tertutup dengan bersyarat. Tapi bersyarat, tidak seperti yang dimaksud oleh PDIP dan Partai Bulan Bintang, ya," ujar Said di lokasi.

Baca juga: Wasekjen Golkar Sebut Proporsional Tertutup Kemunduran Demokrasi

Said menambahkan, dalam persyaratan tersebut Partai memiliki kewajiban memberikan transparansi nama-nama yang diajukan oleh partai secara rutin.

"Syaratnya adalah, dalam waktu tertentu misal sebulan, dua bulan, tiga bulan, setiap partai politik mengajukan nama-nama sesuai jumlah dapil, jumlah kursi dalam satu dapil. Disebutin, nanti KPU mengumumkan," paparnya.

"Partai buruh nomor satu Ilhamsyah, nomor dua Indri, nomor tiga Said Iqbal. Orang tahu kalau nanti dia coblos proporsional tertutup tanpa gambar kalau satu kursi dapat pasti ilhamsyah. Itu yang dimaksud syarat," sambungnya.

Menurut Said, persyaratan yang diajukan tersebut bakal membuat para pemilih tetap mengenai para caleg. Namun, pihaknya bakal mengkaji terlebih dahulu pada Rapat Kerja Nasional yang digelar pada 15-17 Januari 2023.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)