Teken MoU dengan Saudi, Menag: Sekarang Sudah Ada Kejelasan Kuota Haji

Sabtu, 14 Januari 2023 - 06:08 WIB
loading...
Teken MoU dengan Saudi, Menag: Sekarang Sudah Ada Kejelasan Kuota Haji
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Menteri Haji dan Umrah Saudi, Tawfiq F Al-Rabiah. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah. MoU yang diteken langsung di Saudi tersebut terkait ibadah haji, salah satunya soal kuota.

"Alhamdulillah, kunjungan kerja saya ke Arab Saudi berjalan lancar. Sekarang sudah ada kejelasan kuota haji, kita akan kebut persiapan untuk bisa memberikan layanan terbaik kepada jamaah haji," ujar Menag di di VIP Bandara Soekarno-Hatta, Kota usai kunjungan dari Arab Saudi, Jumat (13/1/2023).



Selain biaya haji lanjut Yaqut, rapat koordinasi internal dan rapat kerja dengan Komisi VIII juga akan membahas pemanfaatan kuota, khususnya bagi jamaah lansia.

Maklum pada tahun 2022, banyak jamaah lansia yang tertunda keberangkatannya karena aturan pembatasan umur. Selain itu, banyak juga jamaah lunas tunda yang belum berangkat karena pembatalan keberangkatan pada musim haji 2020 dan 2021.

"Alhamdulillah tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia, sehingga jamaah lansia juga bisa berangkat," tegasnya.

"Saya sudah meminta kepada seluruh jajaran Ditjen PHU untuk mempersiapkan beragam skema dan mekanismenya sejak awal, termasuk mempersiapkan para petugas yang profesional dalam memberikan layanan kepada jamaah," lanjutnya.

Kuota haji Indonesia pada tahun 2023 telah ditetapkan sebesar 221.000 jamaah. Jumlah ini terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler dan 17.680 jamaah haji khusus.

"Kita masih terus berikhtiar agar mendapat tambahan kuota. Komunikasi dengan pihak Kementerian Haji dan Umrah Saudi terus dilakukan. Insya Allah peluang penambahan masih ada," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)