Waketum KSPSI Arnod Sihite Berlabuh ke Perindo, Siap Besarkan Basperindo

Kamis, 12 Januari 2023 - 20:09 WIB
loading...
Waketum KSPSI Arnod Sihite Berlabuh ke Perindo, Siap Besarkan Basperindo
Waketum KSPSI Arnod Sihite resmi bergabung ke Partai Perindo. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Arnod Sihite resmi bergabung ke Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ). Berdasarkan SK DPP Partai Perindo, Arnod dipercaya sebagai Kepala Badan Dewan Pimpinan Nasional Badan Serikat Pekerja Persatuan Indonesia (Basperindo).

Selain itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Percetakan Penerbitan dan Media Informasi-Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP PPMI-KSPSI) itu menjabat sebagai Ketua Bidang Tenaga Kerja dan Informal DPP Partai Perindo. Hal ini sekaligus memantapkan Arnod berjuang bersama Partai Perindo sebagai salah satu bacaleg DPR Perindo pada Pemilu 2024 dari Dapil Sumatera Utara II.

"Betul saya dipercayakan oleh Pak Hary Tanoe selaku Ketua Umum Perindo untuk mengendalikan sebuah badan partai untuk urusan ketenagakerjaan. Untuk itu, saya tentu saja sampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan kepada saya dan siap untuk memberikan yang terbaik. Termasuk mempersembahkan kursi DPR RI dari Dapil II Sumut," kata Arnod kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/1/2023).



Dia mengatakan, visi Partai Perindo untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa sejalan dengan garis perjuangannya selama memimpin banyak organisasi buruh selama ini. "Apa yang menjadi cita-cita Partai Perindo saya temui sejalan dengan cita-cita gerakan buruh. Bukan hanya itu Perindo membuktikan dirinya berpihak pada gerakan ekonomi kemasyarakatan termasuk untuk para buruh di seluruh Indonesia. Jadi bukan hal baru juga untuk saya membangun misi politik ini," kata Arnod.

Menurutnya, Basperindo akan menjadi rumah perjuangan untuk semua unsur Serikat Pekerja atau Serikat Buruh dari Federasi atau Konfederasi tenaga kerja formal dan informal termasuk UMKM, Pegawai Kontrak atau honorer dan sektor yang lainnya. "Saat ini kami tengah membangun konsolidasi ke daerah-daerah untuk melebarkan sayap Basperindo," katanya.

Arnod menegaskan, perjuangan buruh bukan hanya perjuangan praktis tetapi juga politik. Secara praktis, diakui Arnod banyak berjuang melalui penyampaian aspirasi melalui demonstrasi dan dialog dengan pemerintah dan Apindo. Dia juga aktif sebagai anggota tripartit nasional, melakukan pembelaan pada permasalahan hubungan industrial, melakukan peningkatan kompetensi, sosialisasi jaminan sosial, dan memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada pemerintah dalam menentukan kebijakan.

Baca juga: Bagikan Gerobak, Sekjen: Komitmen Kesejahteraan Partai Perindo untuk Pelaku UMKM

"Namun ada situasi yang mendorong para aktivis buruh atau pekerja untuk berjuang secara politis dengan duduk di parlemen sebagai perwakilan buruh atau pekerja. Itu jalan yang saya pilih saat ini," katanya.

Terkait posisinya sebagai Waketum KSPSI, Arnod mengapresiasi sikap Ketua Umum DPP KSPSI Yorrys Raweyai yang memberikan kebebasan bagi anggotanya untuk menentukan arah politik.

"KSPSI memang tidak berafiliasi pada satu partai meski beberapa kader partai juga menjadi pengurus pusat KSPSI seperti kader Golkar, Nasdem, Perindo. Tetapi hak politik tetap diberi ruang. Ini semua adalah ikhtiar perjuangan yang saya yakini bisa berhasil karena kita mau berjuang bersama-sama," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)