TGB Zainul Majdi Kenang Sosok Arifin Panigoro

Rabu, 11 Januari 2023 - 18:46 WIB
loading...
TGB Zainul Majdi Kenang Sosok Arifin Panigoro
Ketua Harian Nasional Partai Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi bersama Hilmi Panigoro memberikan keterangan kepada media saat menghadiri refleksi awal tahun 2023 bersama alumni ITB di Griya Arifin Panigoro, Jaksel, Rabu (11/1/2023). FOTO/MPI/NUR KHABIBI
A A A
JAKARTA - Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tuan Guru Bajang ( TGB) Muhammad Zainul Majdi menghadiri refleksi awal tahun 2023 bersama alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) di Griya Arifin Panigoro, Jalan Jenggala, Jakarta Selatan, Rabu (11/1/2023). TGB pun mengingat sosok Arifin Panigoro sebagai pengusaha yang berkontribusi di bidang pendidikan dan ekonomi Indonesia.

"Walaupun beliau (Arifin Panigoro) sudah wafat beberapa waktu lalu tapi legacy-nya tetap bertahan dan Griya Arifin Panigoro di (jalan) Jenggala 1 ini salah satu bukti bahwa karya-karya baik beliau insyaAllah akan kita teruskan bersama," kata TGB, Rabu (11/1/2023).

Selain pengusaha, menurut TGB, Arifin Panigoro merupakan sosok yang benar-benar mencintai Indonesia. Semasa hidupnya ia berkiprah memajukan bidang pendidikan dan ekonomi.

"Tentu kalau kiprah sebagai usahawan itu satu hal, akan tetapi kiprah sebagai anak bangsa melalui jalur-jalur pendidikan, sosial, pemberdayaan ekonomi itu juga luar biasa," ujar TGB.

"Yang menarik dari beliau adalah dan ini juga mungkin perlu kita teladani bahwa banyak sekali karya baik beliau yang tidak terlihat. Jadi beliau bukan orang yang suka tampil tetapi berkontribusi dari belakang layar," ungkapnya.

TGB berharap sifat yang tidak terlalu memamerkan kebaikan yang dilakukan Arifin Panigoro dapat menjadi teladan yang patut dicontoh.

Sebagai informasi, Arifin Panigoro lahir di Bandung, 14 Maret 1945 dan tumbuh besar di Kota Kembang. Berasal dari Gorontalo, keluarga Arifin memulai usaha kopiah yang berkembang menjadi agen penjualan barang elektronik Philips hingga produk tekstil Retatex.

Memasuki usia kuliah, Arifin mengambil Jurusan Teknik Elektro ITB. Saat mahasiswa, ia memulai usaha sebagai kontraktor instalasi listrik door to door. Arifin kemudian dikenal sebagai pengusaha di bidang industri energi, khususnya minyak, gas bumi, juga pertambangan tembaga, melalui perusahaanya PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)