Siap Diumumkan Megawati, Hasto Bocorkan Ciri Capres 2024 PDIP

Senin, 09 Januari 2023 - 19:29 WIB
loading...
Siap Diumumkan Megawati, Hasto Bocorkan Ciri Capres 2024 PDIP
Megawati Soekarnoputri disebut-sebut bakal mengumumkan nama capres pada perayaan HUT Ke-50 PDIP besok. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Siapa nama yang akan dicalonkan PDIP pada Pilpres 2024 disebut-sebut sudah ada kantong Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum. Ada kemungkinan nama calon presiden (capres) bakal diumumkan dalam peringatan HUT ke-50 PDIP di JI Expo Kemayoran, Selasa (10/1/2023) besok.

"Kalau berkaitan dengan nama, itu yang memang dipersiapkan Ibu Mega, seorang pemimpin yang ideologis, memahami betul sejarah perjuangan bangsa. Pemimpin yang mempunyai kemampuan teknokratik, pemimpin yang mampu memikul tanggung jawab, dan sebagainya," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat meninjau gladi resik persiapan di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (9/1/2023).

Hasto mengungkapkan sosok capres yang dimaksud harus memiliki fondasi dasar dan ideologi Pancasila. "Begitu banyak kriteria yang disampaikan Ibu Megawati, dan jalan ideologi Pancasila meskipun terjal dan berliku itu akan dinyatakan sebagai api semangat juang dari Ibu Mega," kata Hasto.



Dalam menentukan nama tersebut Hasto menyebutkan Megawati menanyakan berbagai pertimbangan dan dicermati secara detail serta proses yang juga panjang.

"Jadi apa yang disampaikan Mbak Puan bahwa Ibu Megawati memang sudah mengantongi nama-nama calon. Apakah nama-nama ini jamak atau sudah mengerucut menjadi tunggal, itu ibu Mega (yang mengetahui)," tutur Hasto.

Perihal sosok nama cawapres apakah akan diumumkan dalam HUT ke-50 PDIP besok, Hasto tidak menjawab dan mengalilhkan pembicaraan. "Besok dihadirkan Pak Presiden Jokowi dan Pak Wapres," ucap Hasto Kristiyanto.

Meskipun sudah memiliki golden ticket mengusung capres-cawapres sendiri, PDIP kata Hasto akan tetap menjalin koalisi. Namun perihal detail tersebut hanya akan diumumkan Megawati. "Terkait dengan nama dan kerja samanya itu Ibu Megawati Soekarnoputri, tugas kami menyiapkan," pungkas Hasto.



Puan Maharani sebelumnya menyebut ada elemen kejutan saat parpolnya merayakan HUT ke-50 di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Selasa (10/1) besok. Dia mengatakan elemen kejutan bakal disampaikan langsung oleh Megawati.

"Ya, pastinya. Setiap ulang tahun, kan, ada surprise, tetapi namanya surprise, ya, enggak tahu. Cuma ibu ketua umum yang tahu surprise akan disampaikan," ujar Puan Maharani dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Anggota DPRD PDI Perjuangan Tingkat Provinsi dan Kabupaten atau Kota se-Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2023).

Puan menyebutkan Megawati bisa saja mengumumkan nama capres-cawapres karena memang sudah ada. "Ibu Ketua Umum sudah punya nama di kantongnya, tinggal diumumin. Jadi nggak usah nengok kiri kanan. Nggak usah bingung harus si ini harus si itu,” kata Puan.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)