Gerindra Tak Hadiri Pertemuan Parpol Tolak Sistem Proporsional Tertutup, Airlangga Bilang Begini

Minggu, 08 Januari 2023 - 14:27 WIB
loading...
Gerindra Tak Hadiri Pertemuan Parpol Tolak Sistem Proporsional Tertutup, Airlangga Bilang Begini
Tujuh pimpinan partai politik (parpol) parlemen yang menolak sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 melakukan pertemuan di Hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023). Foto/Erfan Maaruf/MPI
A A A
JAKARTA - Tujuh pimpinan partai politik (parpol) parlemen yang menolak sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 melakukan pertemuan di Hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023). Pertemuan itu tidak dihadiri oleh perwakilan Partai Gerindra yang juga menolak sistem coblos gambar partai itu.

Terkait hal itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan bahwa Partai Gerindra ikut menolak sistem proporsional tertutup tersebut meski tidak hadir secara langsung dalam pertemuan itu. "Hari ini tidak terlihat adalah Partai Gerindra, namun Partai Gerindra sudah berkomunikasi baik dengan saya," kata Airlangga dalam konferensi pers.

Airlangga menegaskan dalam komunikasi tersebut, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyetujui pernyataan bersama parpol parlemen yang menolak sistem proporsional tertutup itu. "Dan sudah menyetujui statement yang dibuat hari ini," katanya.



Dia menjelaskan alasan pertemuan tersebut digelar pada hari ini karena jumlah parpol parlemen yang menolak sistem pemilu itu sama dengan tanggal saat ini. Selain Airlangga, pertemuan itu dihadiri oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Sedangkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh diwakili oleh Sekjen Johnny G Plate dan Waketum Ahmad Ali. Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono diwakili oleh Waketum PPP Amir Uskara.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3511 seconds (0.1#10.140)