5 Partai Berlambang Banteng yang Pernah Ada di Sejarah Pemilu Indonesia

Jum'at, 06 Januari 2023 - 16:43 WIB
loading...
A A A
Terganjal tidak bisa mengikuti Pemilu 2004 karena hasil tersebut, mereka mengubah nama menjadi PNI Marhaenisme dan mendaftar Pemilu 2004. Partai ini berhasil lolos verifikasi dan memenuhi syarat yang ditentukan.

Baca juga : Disanggah Kubu Moeldoko, SBY Tarik Pendaftaran Lambang Partai Demokrat

3. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP)

Partai berlambang banteng yang pernah terbentuk berikutnya adalah Partai Demokrasi Pembaruan (PDP). Dalam riwayatnya, partai ini dibentuk sekitar tahun 2005 oleh sejumlah mantan pengurus PDIP.

Untuk lambangnya sendiri, mereka memiliki gambar banteng ilustratif di atas warna merah lengkap dengan tulisan Partai Demokrasi Pembaruan. Sementara di bawahnya, terdapat kutipan PDP dengan background warna putih.

4. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI)

Selain ketiga di atas, masih ada juga partai lain yang pernah menggunakan lambang serupa. Dia adalah Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI).

Adapun untuk lambangnya sendiri adalah gambar banteng setengah badan berwarna hitam dengan kepala siap menyeruduk. Di bawahnya terdapat kutipan “PDI” yang juga menggunakan warna hitam.

5. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)

Berikutnya ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan alias PDI-P. Dari sekian banyak partai berlogo banteng, saat ini mungkin hanya PDIP saja yang cukup banyak dikenal masyarakat.

Selama beberapa periode terakhir, PDI Perjuangan menjadi partai besar yang mendominasi jalannya Pemilu. Bahkan, mereka berpotensi untuk mencetak hattrick atau kemenangan ketiga beruntun pada Pemilu 2024 mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)