Elektabilitas Meningkat, Ganjar-Erick Didukung Basis Massa Jokowi dan PDIP

Kamis, 05 Januari 2023 - 17:45 WIB
loading...
Elektabilitas Meningkat, Ganjar-Erick Didukung Basis Massa Jokowi dan PDIP
Elektabilitas kandidat pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Erick Thohir terekam oleh survei nasional terbaru Indikator Politik terus meningkat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Elektabilitas kandidat pasangan calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (Cawapres) Erick Thohir terekam oleh survei nasional terbaru Indikator Politik terus meningkat. Terdapat peningkatan 4,6% dari elektabilitas Ganjar-Erick dalam survei Indikator sebelumnya.

Dari bulan November hingga Desember 2022, terekam angka elektabilitas Ganjar-Erick meningkat dari 30,4% menjadi 35,4%. Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi menyatakan peningkatan elektabilitas tersebut tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh basis massa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PDIP.

“Basis dukungan terhadap Ganjar-Erick berasal dari publik yang puas terhadap kinerja pemerintah saat ini, terutama dari basis PDI Perjuangan,” ujar Burhanuddin saat acara Rilis Indikator: Kinerja Presiden, Elektabilitas Bakal Capres dan Partai Jelang 2024 periode 1-6 Desember 2022 secara daring dikutip, Kamis (5/1/2023).

Indikator mengungkapkan tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi berkorelasi terhadap elektabilitas bakal paslon, terutama bagi pasangan Ganjar-Erick yang unggul dalam empat model simulasi Pilpres 2024. Elektabilitas keduanya berhasil mengungguli berbagai skema pasangan.

Mulai dari Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono, Prabowo Subianto-Puan Maharani, Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa dan Prabowo Subianto-Bahlil Lahadalia tidak sanggup mengalahkan elektabilitas Ganjar-Erick dalam simulasi pilpres.

Elektabilitas tertinggi diraih Ganjar-Erick ketika berhadapan dengan pasangan Anies-Khofifah dan Prabowo-Bahlil. Duet Ganjar-Erick terekam memiliki elektabilitas hampir menyentuh angka 40% yakni di angka 39,7%. Sedangkan Anies-Khofifah dan Prabowo-Bahlil hanya di angka 27,4% serta 20,4%.

“Ketika elektabilitas Ganjar naik di bulan Desember, elektabilitas pasangan Ganjar-Erick itu juga naik,” pungkas Burhanuddin.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)