Waspada! Hujan Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi di Pulau Jawa Sepekan ke Depan

Selasa, 03 Januari 2023 - 21:11 WIB
loading...
Waspada! Hujan Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi di Pulau Jawa Sepekan ke Depan
BNPB menyebut Pulau Jawa masih berpotensi mengalami curah hujan lebat hingga ekstrem hingga sepekan ke depan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) mengungkapkan Pulau Jawa masih berpotensi mengalami curah hujan lebat hingga ekstrem hingga sepekan ke depan.

“Untuk minggu pertama di Januari ini masih ada beberapa daerah yang berpotensi hujan dengan intensitas lebih dari 100 mm, ini adalah Jawa pada umumnya, kita harus terus waspada,” ungkap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (3/1/2023).

Oleh karena itu, Aam sapaan akrabnya mengatakan pihaknya bersama dengan BMKG, BRIN, juga TNI AU masih terus mengevaluasi apakah akan memperpanjang operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang telah dilaksanakan sejak 26 Desember 2022 lalu. Sementara itu, dari informasi BRIN operasi TMC akan dilakukan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga 10 Januari 2023 mendatang. “BNPB masih melihat kondisi apakah masih diperlukan tambahan waktu dari operasi modifikasi cuaca,” kata Aam.



Aam mengatakan selain wilayah Jawa yang berpotensi hujan lebat hingga ekstrem, wilayah Sulawesi juga berpotensi hujan dengan intensitas tinggi. Sementara itu, untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang.



“Jawa kemudian Sulawesi bagian selatan dan timur itu masih berpotensi hujan dengan intensitas tinggi, kemudian Sumatera dan Kalimantan itu dengan intensitas lebih dari 60 mm,” katanya.

Aam meminta agar masyarakat selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, mengingat masih akan berlangsung hingga akhir Januari bahkan awal Februari 2023 mendatang. “Kita harus terus waspada ya, tidak hanya sepekan ke depan ya, karena ini puncaknya sampai di akhir Januari hingga awal Februari nanti,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9857 seconds (0.1#10.140)